Alasan Mengapa Bisnis Kuliner Wajib Menggunakan Software Inventory!

Industri kuliner saat ini merupakan salah satu sektor bisnis yang cukup kompetitif dan banyak tren terbaru. Di Indonesia sendiri, pebisnis kuliner semakin banyak dan membuat ekspektasi konsumen menjadi saat tinggi. Bisnis kuliner dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik, menyajikan produk berkualitas, serta memiliki operasional yang efisien dan professional.

Meskipun demikian, masih banyak bisnis kuliner yang mengeloka stok secara manual meskipun sudah masuk ke dalam era digital. Cara ini sangat riskan menimbulkan kesalahan pencatatan, kehilangan data, hingga bahan baku yang boros karena tidak terpantau.

Penggunaan software inventory kini menjadi solusi modern dan cukup penting karena dapat mengubah cara pengelolaan stok yang semula serba manual menjadi lebih praktis, akurat, dan efisien serta real-time.

Apa Itu Sistem Inventori?

Software inventory atau perangkat inventori adalah sebuah sistem digital yang dirancang untuk membantu bisnis termasuk kuliner dalam mengelola dan memantau persediaan barang secara real-time. Software ini digunakan untuk mencatat jumlah bahan baku, memantau tanggal kedaluwarsa, mengatur reorder level, hingga menganalisis pola konsumsi bahan.

Manajemen inventori biasanya sudah terintegrasi dengan sistem kasir (POS), sehingga setiap transaksi penjualan akan otomatis mengurangi stok bahan baku yang terkait sesuai kebutuhan. Hal ini tentu akan membuat pebisnsi akan mendapatkan gambaran akurat terkait ketersediaan bahan di dapur.

Alasan Mengapa Bisnis Kuliner Wajib Menggunakan Software Inventory

1. Menghindari Kehabisan Stok

Kehabisan bahan baku saat jam sibuk adalah salah satu mimpi buruk bagi bisnis kuliner. Hal ini akan membuat alur kerja dapur menjadi kacau dan membuat pelanggan kecewa karena pesanan mereka kehabisan stok serta akan berdampak pada reputasi bisnis.

Menggunakan manajemen inventori membuat Anda dapat secara langsung memantau level stok secara real-time dan mendapatkan notifikasi ketika bahan baku sudah akan habis atau mendekati batas minimum.

2. Mencegah Pemborosan

Banyak bisnis kuliner yang mengalami kerugian karena bahan makanan basi atau kedaluwarsa sebelum digunakan. Atau bahkan memiliki food waste yang cukup banyak Ini biasanya disebabkan oleh tidak adanya sistem pemantauan yang baik.

Dengan manajemen inventori, maka tim dapur dapat membantu melacak waktu dari simpan bahan baku dan memberikan peringatan jika ada bahan yang mendekati tanggal kedaluwarsa. Biasanya akan menerapkan sistem FIFO (First In First Out) untuk memastikan bahan yang datang lebih dulu digunakan lebih dulu.

3. Mengoptimalkan Penggunaan Bahan Baku

Dengan data yang tercatat secara otomatis di software inventory, pemilik bisnis kuliner dapat menganalisis menu mana yang paling banyak terjual dan bahan apa yang paling sering digunakan atau paling sering habis. Ini akan sangat membantu dalam merencanakan pembelian yang lebih akurat, sehingga tidak terjadi overstock atau understock.

4. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Pengelolaan stok secara manual akan lebih sering memakan waktu dan tenaga. Staff dapur maupun kasir harus menghitung satu per satu stok yang ada, mencatatnya secara manual, dan kemungkinan terjadinya kesalahan input.

Software inventory akan membuat seluruh proses menjadi otomatis. Staff yang bertugas untuk memantau stok hanya cukup melakukan input saat bahan datang, dan sistem akan bekerja secara real-time untuk memantau pergerakan stok serta akan membuat operasional menjadi lebih efisien, dan menjadi lebih produktif.

5. Rencanakan Bisnis dengan Lebih Baik

Software inventory akan memberikan data yang akurat sebagai bahan untuk pengambilan keputusan dan perencanaan bisnis ke depannya. Anda dapat mencari tahu tentang penggunaan bahan terpakai dan tidak terpakai, performa menu, hingga tren penjualannya.

Hal ini akan membantu dalam membuat proyeksi stok di waktu yang akan datang, menentukan menu yang menjadi favorit dan tidak, hingga menyusun strategi promosi agar lebih tepat sasaran.

5 Keuntungan Menggunakan Software Inventory

1. Kontrol Stok Secara Mudah

Pebisnis kuliner dapat mengontrol stok kapan pun dan di mana pun melalui sebuah portal khusus. Tanpa harus selalu bergantung dari laporan manual dari staf dapur maupun kasir karena semua data tersedia secara digital dan real-time.

2. Terintegrasi dengan Banyak Sistem

Penggunaan software inventory kini umumnya sudah terintegrasi dengan sistem kasir (POS), akuntansi, loyaltym dan sistem pemesanan online. Integrasi ini memudahkan dalam pengelolaan bisnis yang lebih menyeluruh, mengurangi kesalahan pencatatan, serta dapat meningkatkan akurasi laporan.

3. Laporan Otomatis

Dalam sistem inventori, akses terhadap laporan stok, pergerakan bahan baku, serta tren penggunaan bisa hanya di dalam satu sistem saja. Fitur analitik memberikan kemudahan dalam membuat keputusan bisnis yang lebih cepat dan berbasis data yang ter-update secara otomatis.

4. Hemat Biaya dan Waktu

Beralih dari sistem manual ke sistem kasir POS akan membuat Anda mengeluarkan investasi awal. Namun, dalam penggunaannya justru akan memberikan penghematan biaya jangka panjang, mengurangi pemborosan bahan, menghindari kelebihan stok, hingga efisiensi kerja staf. Tak ada lagi membuang waktu untuk menghitung stok secara manual.

5. Transparansi dan Akuntabilitas

Keuntungan beralih ke sistem kasir POS yang sudah terintegrasi dengan sistem manajemen inventori adalah semua data yang ada tercatat secara otomatis dan transparan sehingga dapat mengurangi potensi kecurangan atau kehilangan barang yang tidak tercatat.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kiosk, Layanan Pemesanan Mandiri Bisnis F&B

Cegah Kecurangan, Tingkatkan Penjualan dengan IDEKU Inventory
Cegah Kecurangan, Tingkatkan Penjualan dengan IDEKU Inventory

Beralih ke Satu Ekosistem IDEKU untuk Bisnis F&B

Mengelola bisnis kuliner bukan hanya soal rasa dan pelayanan saja, tetapi juga tentang bagaimana membuat pengelolaan operasional dapat berjalan secara professional dan efisien. Di tengah persaingan pasar yang ketat, pebisnis kuliner harus cerdas dalam memanfaatkan teknologi untuk membuat bisnis menjadi lebih berkembang.

Beralih dari sistem manual ke ekosistem kasir IDEKU menjadi jawabannya untuk membuat bisnis kuliner jadi lebih #SerbaTerkendali dengan beragam keuntungan seperti sistem yang mudah digunakan, customer support yang selalu ada, dan satu harga untuk dapat banyak fiturnya.

Ekosistem IDEKU memberikan kemudahan bagi pebisnis kuliner, kasir dan dapur, hingga kemudahan pelanggan mulai dari QR Online Ordering, antrean dengan Queue Manajemen System, Kasir Point of Sale (POS), hingga sistem KDS/EDS yang mempermudah alur kerja dapur, dan sistem pemesanan mandiri Kiosk.

Cari tahu beragam cara yang bikin bisnis kuliner jadi #SerbaTerkendali dengan ekosistem kasir IDEKU melalui www.ideku.io

IDEKU Bikin Bisnis F&B Serba Terkendali
IDEKU Bikin Bisnis F&B Serba Terkendali

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *