Mengelola restoran dengan sistem manual bukan hanya memakan waktu, tapi juga meningkatkan risiko kesalahan dan menurunkan kualitas layanan pelanggan. Apalagi di era digital saat ini yang membuat restoran dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi pelanggan dengan aplikasi kasir restoran table service.
Terutama bagi restoran yang mengadaptasi table service, di mana pelanggan dapat duduk dan dilayani oleh pelayan yang menghaurskan adanya efisiensi dan kecepatan pelayanan karena sangat penting untuk menciptakan pengalaman bersantap yang menyenangkan.
Apa Itu Aplikasi Kasir Restoran Table Service?
Aplikasi kasir restoran table service adalah salah satu fitur yang ada pada aplikasi kasir POS (Point of Sale) yang dirancang khusus untuk membuat operasional restoran menjadi lebih efisien dengan memberikan pelayanan pada pelanggan langsung di meja.
Sistem ini mengintegrasikan antara pemesanan, pembayaran, manajemen meja, dan laporan penjualan hanya di satu platform digital untuk memudahkan staf restoran bekerja lebih cepat dan akurat.
Produk dan Fitur Penting dalam Aplikasi Kasir
Beberapa produk dan fitur utama yang wajib ada pada sebuah aplikasi kasir untuk bisnis kuliner seperti restoran, cafe, coffee shop, food court, dan jenis bisnis F&B lainnya yaitu:
1. Aplikasi Kasir POS
Aplikasi kasir POS adalah sistem yang dirancang khusus untuk mempermudah alur kerja dari dapur, pelayan, hingga pelanggan. Bisnis kuliner dapat memanfaatkan aplikasi kasir untuk menunjang kegiatan operasional bisnis agar bebas hambatan hingga menyederhanakan proses pemesanan dan pembayaran.
2. Manajemen antrean dan Meja
Pada jam sibuk, antrean adalah salah satu hal yang tidak disukai oleh pelanggan. Kehadiran sistem terintegrasi dari aplikasi kasir terintegrasi akan semakin memudahkan, terutama mengelola antrean. Dengan manajemen antrean, membuat pelanggan bisa menerima notifikasi tentang daftar antrean dan perkiraan waktu tunggu.
Hal ini akan memudahkan restoran dalam mengelola antrean dan pelanggan akan mendapatkan informasi yang jelas.
3. Pemesanan QR
Era digital membuat bisnis kuliner dapat memberikan pelayanan yang maksimal karena pelanggan semakin menyukai pelayanan yang efisien seperti dapat memesan langsung dari meja. Dengan pemesanan melalui kode QR, pelanggan dapat memesan langsung dari meja tanpa harus mengantre dan menunggu pelayan mengantarkan buku menu.
4. Laporan Penjualan Otomatis
Bisnis yang semakin besar dan kompleks membutuhkan sebuah dashboard untuk melihat laporan penjualan yang real-time dan akurat. Dengan laporan penjualan otomatis, pemilik bisnis dapat memantau penjualan dengan mudah di mana saja dan kapan saja melalui satu akses.
5. Split Bill & Pembayaran Digital
Restoran yang menerapkan table service akan menggunakan aplikasi kasir yang memiliki pilihan pembayaran seperti split bill dan ragam pilihan pembayaran digital. Dengan pilihan pembayaran yang beragam, akan membuat pelanggan memiliki banyak pilihan dan dapat meningkatkan pengalaman saat datang ke restoran.
Aplikasi Kasir POS IDEKU untuk Bisnis Kuliner
IDEKU hadir sebagai solusi POS lengkap untuk restoran dan jenis bisnis F&B lainnya. Tidak hanya menyediakan fitur kasir dasar, IDEKU juga dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif yang memberikan cita rasa berbeda untuk para pebisnis kuliner.

5 Keuntungan Berlangganan IDEKU
1. Memiliki Ragam Produk & Fitur
IDEKU hadir dengan berbagai solusi inovatif yang dirancang dengan teknologi kekikinan dan hadir khusus untuk bisnis kuliner yang terus berkembang. Selain aplikasi kasir POS, IDEKU juga sudah terintegrasi dengan pemesanan QR, manajemen antrean, pembayaran digital hingga Staf dapat menerima pesanan langsung dari meja pelanggan menggunakan tablet.
Baca juga: 5 Cara Training Karyawan jika Baru Beralih ke Aplikasi Kasir POS
2. Mudah Digunakan dan Simpel
IDEKU memiliki aplikasi kasir yang mudah digunakan. Dengan design tampilan POS yang simpel, IDEKU jadi salah satu aplikasi kasir di Indonesia yang bisa digunakan oleh pebisnis kuliner dari berbagai macam jenis dari UMKM hingga restoran dengan banyak cabang.
3. Terintegrasi dengan Fitur Lainnya
IDEKU POS sudah terintegrasi dengan berbagai produk dan fitur lainnya seperti IDEKU QR pemesanan menu digital, manajemen inventori untuk pantau stok bahan baku, hingga pilihan pembayaran digital yang beragam seperti IDEKU QRIS dan split bill.
4. Alur Kerja yang Jelas dan Mudah
Dengan IDEKU KDS/EDS, komunikasi antara kasir dan dapur menjadi lebih terarah. Semua pesanan bisa dipantau secara langsung dan akurat sejak pesanan dibuat hingga diantarkan ke meja pelanggan. Tak hanya itu, komunikasi juga menjadi lebih cepat antara kasir, koki, bahkan pelayan.
5. Customer Support yang Responsif
Sebagai salah satu aplikasi kasir di Indonesia, IDEKU memberikan layanan terbaik bagi pebisnis kuliner dengan customer support yang responsif untuk menjawab berbagai kendala secepat mungkin.
