Mengubah sistem manual pada bisnis kuliner menjadi sistem kasir POS (Point of Sale) merupakan sebuah langkah besar untuk memodernisasi bisnis dan membuat operasional yang efisien. Hal ini bisa dimulai dengan menemukan cara training karyawan yang tepat.
Jika sudah menemukan caranya, keberhasilan implementasi teknologi ini akan sangat efektif saat menerapkan sistem yang terintegrasi satu sama lain. Maka dari itu, training karyawan menjadi tahap krusial yang tak boleh dilewatkan.
5 Cara Efektif Training karyawan
1. Mulai dengan Sesi Pengenalan Dasar POS
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan semua karyawan memahami fungsi dasar dari aplikasi kasir POS. Anda bisa menjelaskan interface, cara input pesanan, cetak struk, hingga proses pembayaran. Gunakan bahasa yang sederhana dan visual seperti video atau demo langsung agar lebih mudah dipahami.
2. Lakukan Simulasi Transaksi Harian
Setelah melalukan pelatihan dan pengenalan dasar, ajak karyawan untuk praktik langsung dengan simulasi transaksi yang sehari-hari dilakukan seperti pelanggan beli makanan, bayar pakai QRIS, lalu minta struk. Metode ini akan membantu karyawan terbiasa dengan alur yang ada di lapangan dalam menghadapi pelanggan.
3. Gunakan Form Evaluasi Training Karyawan
Untuk memastikan efektivitas pelatihan yang dilakukan, Anda bisa membuat form evaluasi training yang diisi oleh peserta maupun trainer. Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan seperti:
- Apakah materi disampaikan dengan sangat jelas?
- Apakah Anda merasa cukup waktu untuk praktik?
- Bagian mana yang menurut Anda masih membingungkan?
Dan berbagai pertanyaan yang lainnya, sesuai kebutuhan dan dapat memberikan insight ke depannya.
4. Terapkan Format Penilaian Karyawan Training
Selain evaluasi dari karyawan, penting juga untuk membuat sebuah format penilaian kemampuan selama dan setelah training. Ada pun komponen yang bisa dinilai yaitu:
- Kemampuan menggunakan fitur-fitur dasar POS
- Kecepatan dan ketepatan input data di POS
- Respons terhadap situasi yang di luar kendali
- Sikap terhadap pelanggan saat menggunakan POS
Mengukur sejauh mana kesiapan karyawan sebelum mereka benar-benar terjun di operasional adalah kunci membuat alur kerja jadi lancar.
5. Manfaatkan Layanan Training Gratis dari IDEKU
Salah satu keunggulan jika menggunakan aplikasi kasir IDEKU adalah layanan training gratis yang sudah termasuk dalam harga berlangganan. Tim IDEKU akan membantu bisnis kuliner Anda dari awal; mulai dari instalasi hingga training karyawan saat onboarding.
Layanan ini dapat memudahkan Anda sebagai pemilik usaha, karena tak perlu menyiapkan materi training dari nol. Karyawan juga mendapat pelatihan dari tim IDEKU yang handal, sehingga proses adaptasi jadi lebih cepat dan efisien.
Baca juga: Pahami Perbedaan Warung dan Kedai, Penting Jika Ingin Berbisnis F&B!
Beralih ke IDEKU untuk Kembangkan Bisnis Kuliner
Ekosistem IDEKU tidak hanya membantu para pebisnis kuliner untuk mengembangkan usahanya. Tak hanya aplikasi kasir yang terintegrasi dengan fitur lainnya, IDEKU juga memberikan layanan gratis training karyawan tanpa ada biaya tambahan lainnya setelah berlangganan.
Training karyawan saat beralih ke aplikasi kasir POS bukan hanya soal teknis, tapi juga tentang kesiapan mental dan kebiasaan kerja baru yang bisa memberikan dampak positif kepada pelanggan dan membuat alur kerja di bisnis kuliner menjadi lebih terarah dan efisien.
Yuk, beralih ke ekosistem kasir IDEKU untuk layanan operasional yang optimal dan mudah digunakan untuk berbagai macam bisnis kuliner.
