Industri kuliner di Indonesia memiliki peluang yang besar bagi para pelaku usaha karena bisnisnya terus berkembang. Meskipun persaingannya cukup ketat, bisnis kuliner masih tetap memiliki keuntungan yang menjanjikan jika menggunakan strategi bisnis yang tepat.
Dengan strategi yang tepat, bisnis kuliner dapat dikembangkan secara efektif dan membuat bisnis dapat bertahan lama bersama dengan pelanggan yang loyal.
Simak! 7 Strategi Bisnis Ini Wajib Dipahami Pebisnis Kuliner Pemula
1. Pahami Target Pasar
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis pemula itu tidak benar-benar memahami siapa target pasarnya. Padahal, dengan mengenal karakteristik konsumen mulai dari usia, gaya hidup, selera makanan, hingga kebiasaan membeli akan mempermudah dalam menentukan produk, harga, hingga strategi pemasaran yang tepat.
Lakukanlah survei kecil-kecilan untuk mencari tau beragam informasi terkait preferensi calon pelanggan. Setelah itu analisis data tersebut dan mencari tahu tren yang sedang digemari pasar melalui media sosial.
2. Inovasi Menu dan Cita Rasa
Bisnis kuliner memiliki pesaingan yang tinggi dan sangat ketat. Kondisi ini mengharuskan para pebisnis kuliner menjadikan inovasi sebagai kunci utamanya. Mengandalkan satu menu saja hanya akan menghambat, maka teruslah bereksperimen dengan variasi rasa, kemasan, atau bahkan bentuk penyajian yang unik dan lezat.
Tawarkan menu yang hanya ada di musim tertentu, memberikan pilihan menu sehat, hingga memiliki rasa menu yang sesuai dengan citarasa lokal yang menggugah selera.
3. Memanfaatkan Platform Digital
Memadukan platform digital dan offline adalah strategi yang tidak bisa dipisahkan. Dengan memanfaatkan channel digital marketing untuk promosi di media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook menjadi tempat yang cukup potensial untuk menjangkau pelanggan baru dan memperkuat brand awareness yang lebih luas lagi.
Sajikan konten yang menarik dan menggugah selera pelanggan, melakukan kolaborasi dengan influencer lokal, hingga memanfaatkan iklan berbayar untuk menjangkau audiens yang lebih luas serta Google Business Profile untuk mempermudah pencarian lokal.
4. Membuat Sistem Manajemen yang Terintegrasi
Bisnis kuliner yang berkembang bukan hanya dapur saja, tetapi juga memiliki manajemen operasional yang efisien. Mulai dari pengelolaan stok, perincian keuangan, alur kerja dapur yang rapi akan membantu bisnis tetap terjaga dalam keadaan apa pun.
Bisnis kuliner dapat menggunakan sistem manajemen kasir yang terintegrasi untuk memantau semua aktivitas secara real-time dan otomatis.
5. Tingkatkan Pelayanan dan Pengalaman Pelanggan
Selain memberikan cita rasa yang nikmat pada menu yang ditawarkan, pelayanan akan sangat memengaruhi loyalitas pelanggan. Dengan pengalaman yang menyenangkan, pelanggan akan dengan senang hati untuk kembali dan merekomendasikannya ke orang lain.
Buatlah SOP untuk membuat semuanya menjadi teratur, berikan pelatihan pada staf agar bekerja secara profesional, dan mendengarkan feedback yang diberikan pelanggan untuk perbaikan kualitas layanan.
6. Memperluas Saluran Penjualan
Bisnis kuliner jangan hanya mengandalkan penjualan offline di toko fisik saja. Di era digital saat ini, menjual produk melalui banyak saluran online seperti di marketplace dan aplikasi penjualan makanan online akan semakin membuat pelanggan lebih nyaman.
Saluran penjualan lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah dengan membuka franchise dan reseller untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.
7. Bangun Brand yang Kuat dan Konsisten
Brand dalam bisnis kuliner bukan hanya sekadar soal logo atau nama bisnis saja. Brand adalah sebuah identitas, citra, dan janji yang kamu tawarkan kepada pelanggan. Dengan membangun brand yang kuat, maka akan membuat bisnis kuliner menjadi lebih mudah dikenali dan memiliki pembeda dengan kompetitor.
8. Lakukan Evaluasi Berkala
Dunia kuliner yang sangat dinamis dan ketat akan membuat pelanggan cepat beralih berdasarkan tran dan sesuatu yang viral. Untuk menjaga hal tersebut, lakukan evaluasi yang rutin terhadap kinerja bisnis dan beradaptasi dengan keadaan yang ada.
Gunakanlah data penjualan yang real-time agar dapat menjaga persaingan dengan kompetitor, jadikan feedback dan ulasan pelanggan sebagai masukkan yang positif.
Baca juga: Ingin Berbisnis Kuliner? Coba Peluang di Bisnis Bakery & Cake
Jadikan Bisnis Semakin Berkembang dengan Strategi yang Tepat
Strategi bisnis yang tepat akan membawa dampak yang signifikan. Jika belum menemukan cara untuk membuat strategi terbaik untuk perkembangan bisnis kuliner, IDEKU ingin mengajak para pebisnis kuliner untuk hadir dan jadi bagian dari IDEKU F&B Enterpreneur Masterclass bersama para ahli di bidang kuliner:
- Bisma Adi Putra – F&B Investor Advisor, Consultant
- Jesselyn Lauwreen – Winner Masterchef Indonesia Season 8
- Billy Oscar – F&B Branding & Marketing Consultant
Acara ini akan diadakan fullday workshop pada 20 September 2025, bertempat di Hotel Ibis Harmoni, Jakarta.
Dapatkan keuntungannya:
1️⃣ Dapatkan Strategi dalam Menjalankan Bisnis Kuliner yang Konsisten ✅
2️⃣ Tips & Trick Membuat Menu yang Berkarakter ✅
3️⃣ Cara untuk Membangun Operasional yang Kuat ✅
4️⃣ Relasi Baru sesama Pebisnis Kuliner ✅
5️⃣ Materi Ekslusif dari Pembicara ✅
Dan banyak keuntungan lainnya. Cari tahu beragam cara untuk membuat bisnis kuliner jadi lebih #SerbaTerkendali.
