Pentingnya Manajemen Inventory, Kunci Bisnis Kuliner Untung!

Salah satu hal yang membuat bisnis kuliner lebih boros dan berujung kerugian yaitu karena adanya pemborosan bahan baku hingga makanan sisa yang terbuang. Hal ini diakibatkan karena stok yang tidak terkontrol dan memiliki manajemen inventory yang kurang baik.

Pentingnya manajemen inventori dalam bisnis kuliner tentu tak hanya untuk pencatatan bahan baku saja, tetap juga mengatur stok bahan baku secara efisien hingga meminimalisir kerugian untuk memaksimalkan profit pada bisnis.

Apa Itu Manajemen Inventory?

Manajemen inventory adalah sebuah proses yang dilakukan pada bisnis untuk mengelola persediaan barang. Proses ini mulai dari pengadaan, penyimpanan, hingga penggunaan bahan baku yang mendukung kelancaran bisnis.

Jika dilihat dalam konteks bisnis kuliner adalah proses yang meliputi bahan baku seperti sayur, daging, bumbu, dan bahan baku lainnya sesuai dengan kebutuhan hingga barang non-konsumsi seperti kemasan atau alat makan.

Dengan manajemen inventori, bisnis selalu punya stok yang cukup, tidak berlebihan, dan juga tidak mudah kehabisan bahan saat di waktu-waktu ramai. Tanpa sistem inventori yang memadai, maka bisnis kuliner akan selalu kehilangan bahan baku karena kedaluarsa, data stok tidak real-time, kehabisan stok saat jam operasional sibuk, hingga kesulitan menganalisa bahan yang cepat habis atau terbuang sebelum dan setelah diolah.

Tips Memilih Aplikasi Inventori yang Tepat

Bagi para pebisnis kuliner, memilih aplikasi kasir pos yang terintegrasi manajemen inventori tak hanya murah. Tetapi juga relevan dengan alur operasional yang terjadi di dapur maupun menyesuaikan kebutuhan produksi. Berikut adalah 5 tips untuk memilih sistem manajemen inventory yang tepat:

1. Pilih yang terintegrasi dengan POS

Hal yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mencari tahu apakah sistem inventori yang dipilih terintegrasi dengan sistem kasir POS atau tidak. Hal ini akan memengaruhi proses input bahan baku jika tidak terintegrasi. Sistem yang otomatis akan menghemat waktu dan meminalisir kesalahan karena tidak mengurangi stok secara otomatis.

2. Bisa pantau stok secara real-time

Pilihlah sistem manajemen inventory yang bisa melacak stok dari mana saja dan kapan saja. Hal ini tentu akan mendukung para pebisnis kuliner yang memiliki banyak cabang dan membutuhkan tempat untuk menyesuaikan stok masing-masing outlet.

3. Ada fitur notifikasi stok minimum

Selain terintegrasi dengan POS dan bisa memantau stok secara real-time, sistem manajemen inventory yang tepat memiliki fitur notifikasi ketika stok sudah minimum. Ini adalah sebuah pengingat agar bisnis kuliner tidak kehabisan bahan penting seperti saat di jam sibuk atau jam makan maupun saat ingin memulai dan menutup outlet.

4. Punya laporan analitik yang jelas

Sistem manajemen inventori yang sudah terintegrasi dengan aplikasi kasir POS sudah bisa dipastikan memiliki laporan analitik yang lengkap dan jelas seperti bahan mana yang cepat habis, sering terbuang, atau paling banyak dipakai untuk dijadikan bahan baku.

5. Mudah digunakan oleh staf operasional

Sebagai salah satu sistem kasir POS yang sudah terintegrasi dengan manajemen inventory, IDEKU memiliki tampilan pengguna yang simpel dan mudah digunakan oleh staf dapur maupun kasir. Tak hanya itu, manajemen inventori IDEKU juga memiliki 4 kelebihan yang ada di atas.

Pentingnya memantau stok pada bisnis F&B
Pentingnya memantau stok pada bisnis F&B

Keuntungan Menggunakan Sistem Inventori untuk Bisnis Kuliner

Dengan menggunakan aplikasi kasir IDEKU yang sudah terintegrasi dengan manajemen inventori, maka bisnis kuliner juga akan mendapatkan beberapa keuntungan yang mendukung bisnis terus berkembang. Berikut adalah keuntungannya:

  • Operasional lebih efisien karena sudah otomatis dari pencatatan hingga laporan stok.
  • Dengan menggunakan aplikasi kasir POS IDEKU yang sudah terintegrasi dengan manajemen inventori, maka tidak akan ada lagi stok yang kedaluarsa maupun terbuang dengan sia-sia karena salah dalam menghitung.
  • Memanfaatkan sistem manajemen inventory dapat membantu dalam membuat keputusan bisnis yang menjadi lebih akurat karena selalu berdasarkan laporan analitik yang bisa dilihat secara real-time.
  • Jika bisnis kuliner memiliki banyak cabang, maka sistem inventory dapat membantu mengendalikan stok dan melakukan transfer stok antar satu outlet dengan outlet lainnya.
  • Manajemen inventori tentu sangat bisa untuk membantu tim dapur & kasir agar bekerja lebih cepat dan alur kerja jadi lebih lancar.

Baca juga: 7 Cara Mengurangi Food Waste dalam Industri Kuliner yang Efektif!

Beralih ke Sistem Kasir POS IDEKU untuk Dapatkan Beragam Keuntungan di Bisnis Kuliner

Sistem manajemen inventori bukan hal yang bisa disepelekan, karena menjadi salah satu fondasi pending yang ada di bisnis kuliner. Dengan sistem inventori IDEKU yang sudah terintegrasi dengan aplikasi kasir POS, pebisnis kuliner dapat lebih hemat biaya, hemat waktu, dan dapat mengalihkan fokus ke hal penting lainnya seperti meningkatkan kepuasan pelanggan hingga membuat bisnsi kuliner menjadi semakin bertumbuh.

Tak hanya itu, IDEKU juga tanpa biaya tambahan dengan customer service yang responsif dalam menjawab setiap permasalahan mau pun keluhan Anda sebagai pemilik bisnis F&B.

Pantau Stok dan Cegah Kekurangan Bahan Baku dengan Sistem Inventori IDEKU
Pantau Stok dan Cegah Kekurangan Bahan Baku dengan Sistem Inventori IDEKU

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *