Dalam menjalankan bisnis kuliner, ada hal yang perlu diperhatikan. Bukan cuma soal rasa dan pelayanan, tetapi juga tentang memperluas jaringan, insight, dan dukungan sesama pelaku usaha seperti komunitas kuliner.
Di tengah persaingan industri F&B yang semakin ketat saat ini, bergabung dengan komunitas kuliner jadi salah satu strategi cerdas bagi owner restoran, cafe, kedai kopi, hingga usaha makanan rumahan.
Komunitas kuliner menjadi wadah untuk bertukar pengalaman, belajar dari kegagalan dan kesuksesan orang lain, hingga menemukan peluang kolaborasi satu sama lain untuk membuat bisnis menjadi lebih tumbuh.
Apa itu Komunitas Kuliner?
Komunitas kuliner adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki minat, hobi, atau profesi di bidang makanan dan minuman.
Komunitas kuliner biasanya berisikan pengusaha kuliner, chef, food blogger/ vlogger, pencinta kuliner, hingga produsen pendukung di bidang kuliner seperti supplier, kitchen equipment, dsb.
Komunitas ini menjadi sebuah wadah untuk berbagi informasi, terhubung satu sama lain, edukasi, promosi, hingga membuat sebuah kolaborasi.
4 Alasan Mengapa Owner Bisnis F&B Perlu Bergabung Komunitas Kuliner
Ini 4 alasan mengapa bergabung di bisnis kuliner itu penting bagi para owner/ pebisnis F&B:
1. Berbagi Insight & Pengalaman Nyata
Komunitas adalah wadah untuk bercerita dan berbagi pengalaman yang nyata. Berbagi insight dan diskusi tentang cara meningkatkan omzet bisnis, melihat tren terbaru di bisnis kuliner, hingga mempertahankan pelanggan yang loyal.
Dengan berkomunitas, pebisnis kuliner tak hanya mendapatkan teori saja, tetapi juga mendengarkan langsung pengalaman yang nyata.
2. Memahami Tren Kuliner
Tren di bidang kuliner tidak hanya di media sosial saja, tetapi bagaimana melihat kebiasaan yang sedang dikonsumsi masyarakat, menu kekinian dan terlaris, hingga digitalisasi bisnis kuliner dengan POS kasir.
Semuanya akan jauh lebih cepat didapatkan jika menjadi bagian dari komunitas.
3. Wadah Kolaborasi
Komunitas membuka banyak jalan untuk kolaborasi banyak hal seperti menu, event kuliner, hingga kerjasama antar pebisnis bahkan hingga suplier.
4. Dukungan Antar Owner
Bisnis kuliner berkembang sangat cepat dan pesat. Hal ini lah yang membuatnya menjadi salah satu bisnis yang penuh tekanan. Dengan menjadi bagian dari komunitas, tentu akan menjadi tempat untuk memberikan dukungan satu sama lain.

Baca juga: Musim Liburan Ramai? Begini Cara Restoran Tetap Lancar!
Rekomendasi 5 Komunitas Kuliner di Indonesia
Sedang mencari komunitas kuliner? Cari tahu 7 rekomendasinya di sini:
1. Indonesian Food Blogger
Suka kulineran untuk makan maupun masak? Indonesian Food Blogger menjadi salah satu wadah kuliner bagi mereka yang ingin menjalin relasi dengan seluruh food blogger di seluruh Indonesia.
Indonesian Food Blogger (IDFB) adalah tempat yang tempat jika Anda suka berkumpul di suatu tempat sambil makan dan me-review tempat makan tersebut dan bisa mendapatkan uang tambahan secara komersil.
2. Jangkrik Kuliner
Komunitas yang berangkat dari 14 orang ini dari media sosial Instagram ini kini menjadi salah satu komunitas kuliner yang memiliki ribuan anggota dari seluruh Indonesia.
Jangkrik kuliner memiliki banyak kegiatan mulai dari mencicipi makanan dari kota ke kota hingga mendukung acara-acara kuliner yang dibuat melalui akun instagramnya @jangkrikkuliner
3. Jalan Sutra
Jalan sutra dicetuskan oleh legenda kuliner, mendiang Bondan Winarno pada tahun 2003. Menjadi sebuah wadah untuk merekomendasikan tempat-tempat kuliner yang Maknyus menurut Bondan Winarno dari Sabang sampai Merauke.
4. Komunitas Pengusaha Kuliner Indonesia
Dengan lebih dari 30 ribu pengikut di media sosial Instagram, kini platform @pengusahakuliner.id menjadi salah satu tempat untuk mencari berbagai event kuliner terbaru di Indonesia hingga berbagai tempat yang wajib didatangi.
Tempat yang tepat untuk Anda membuka relasi baru untuk berbagai jenis bidang kuliner.
5. Association of Culinary Professionals Indonesia (ACPI)
Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia (ACPI) terbentuk di Jakarta pada tahun 1994. Seluruh praktisi hingga pengusaha kuliner sudah banyak yang tergabung di organisasi ini. Setiap tahunnya, ACPI membuka pendaftaran bagi siapa saja yang tertarik di bidang kuliner.

Itulah 5 rekomendasi komunitas kuliner yang dapat menjadi tempat untuk memperluas pengetahuan dan informasi di bidang kuliner. Anda punya rekomendasi lainnya? Komen di bawah yuk!
