Menjalankan bisnis kuliner tidak hanya semata menginginkan foot traffic yang tinggi maupun menu makanan dan minuman yang enak saja. Tetapi juga bagaimana bisa membuat sebuah restoran yang memberikan pengalaman pelanggan dan meningkatkan loyalitas. Lalu, bagaimana cara membuat restoran ramai pengunjung?
Kompetisi di bisnis kuliner yang semakin ketat ini membuat pebisnis kuliner maupun pemilik restoran menerapkan strategi yang tepat agar pengunjung ramai itu jadi suatu hal yang bisa dicapai secara konsisten.
Memahami Apa itu Foot Traffic
Foot traffic adalah sebuah istilah bisnis yang menjadi indikator dari suatu tempat dengan mengacu pada jumlah orang yang datang ke suatu tempat usaha, seperti toko, mal, atau restoran dalam periode waktu tertentu.
Istilah ini adalah metrik untuk melihat kesehatan bisnis restoran secara langsung sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Foot traffic dapat diukur dengan cara menggunakan sebuah software, kamera pemantau, maupun menghitung secara manual saat pengunjung masuk dan memesan.
Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Restoran
Berikut adalah beberapa cara untuk membuat restoran ramai pengunjung:
1. Tingkatkan Daya Tarik Fisik Restoran
Membuat tampilan luar dari restoran adalah cara pertama untuk menarik perhatian pelanggan. Mulai dari signage, dekorasi yang unik, hingga pemilihan warna dari penerangan yang hangat dapat menarik perhatian siapa saja yang lewat.
2. Memanfaatkan Teknologi
Di era yang serba teknologi ini, memanfaatkan setiap inovasi menjadi sangat penting untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi seperti mengoptimalkan website restoran yang mobile-friendly dan kuat dalam SEO, memiliki medial sosial untuk memperkenalkan restoran, hingga melakukan pemasaran iklan dengan target yang sesuai.
3. Membuka Banyak Kolaborasi
Selain memanfaatkan teknologi seperti memasang iklan dan aktif di media sosial, membuat restoran ramai dengan menjalin kolaborasi untuk melakukan pemasaran lokal juga dapat dilakukan. Buatlah kerjasama dengan bisnis yang ada di sekitar dan berkolaborasi dengan komunitas lokal yang memiliki massa.
4. Lakukanlah Promosi & Adakan Event di Waktu Sepi
Restoran memang tidak akan selalu ramai, untuk itu buatlah event seperti live music, kuis, tema tertentu, hingga promo happy hour untuk menarik pelanggan dan meningkatkan traffic kunjungan pada jam-jam sepi.
5. Buatlah Menu Khusus
Menu khusus untuk momen-momen tertentu atau limited time offer bisa memberikan daya tariknya tersendiri. Hal ini akan meningkatkan rasa penasaran pelanggan untuk mencicipinya dan bisa menjadi promosi gratis dari mulut ke mulut.
6. Buatlah Pengalaman Terbaik untuk Pelanggan
Bagi bisnis kuliner, pengalaman terbaik pelanggan seperti pelayanan yang cepat dan ramah menjadi sangat penting. Buatlah pelatihan khsusus untuk staf agar memberikan pelayanan terbaik dan membuat pelanggan ingin kembali lagi.
Rahasia Membuat Restoran Ramai dengan Program Loyalty
Restoran yang ramai tidak hanya sekali waktu saja adalah restoran yang menjalankan strategi dengan tepat dan membuat pelanggn menjadi loyal. Salah satu caranya adalah dengan membuat program loyalty yang tepat, ini rahasianya:
Buatlah Program Loyalty yang Menarik
Ada 3 cara untuk membuat restoran ramai pengunjung dengan mendesign program loyalty yang menarik untuk pelanggan, yaitu:
- Gunakan sistem poin
Menurut Fishbowl, salah satu strategi yang cukup efektif untuk membuat program loyalty adalah dengan memberikan poin di setiap kali kunjungan pelanggan maupun berbelanja. - Buat Tingkatan (tiered rewards)
Selain poin, membuat tingkatan rewards juga akan memberikan booster bagi pelanggan untuk naik level seperti tingkatan Bronze, Silver, Gold). Semakin sering atau banyaknya pelanggan berkunjung, maka akan semakin tinggi levelnya dan semakin menarik reward-nya. - Kombinasi reward instan dan jangka panjang
Cara ketiga adalah dengan menggabungkan reward langsung seperti diskon belanja langsung, free item yang bisa digabungkan dengan reward jangka panjang seperti badge eksklusif hingga VIP event.
Lakukanlah Gamifikasi
Gamifikasi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan kembali pelanggan. Program loyalty ini akan membuat pelanggan lebih senang dan merasa memiliki ikatan emosi dengan mengikuti challenges, badge level, hingga jenis gamifikasi lainnya.
Baca juga: Melihat Peluang Bisnis Street Coffee di Indonesia
Buatlah Komunikasi Efektif Sesuai Target Audience
Dengan program loyalty, bisnis kuliner dapat menggunakan data untuk memahami bagaimana perilaku pelanggan mulai dari kapan mereka datang, menu apa yang sering dipesan, hingga seberapa sering pelangga datang. Dengan mengetahui hal tersebut, dapat mengirimkan promosi yang sudah personal sesuai dengan kebiasaan pelanggan melalui saluran komunikasi yang digunakan seperti email blast, SMS, hingga push notification agar mereka mau datang kembali.
Program Referral
Program ini menjadi salah satu dari ragam program loyalty dengan memberi reward tambahan jika mengajak orang lain untuk datang. Mereka akan menjadi salah satu tambahan foot traffic maupun memperkuat loyalitas.
IDEKU Loyalty Bantu Restoran Dapatkan Pelanggan Loyal
Memanfaatkan teknologi seperti sistem kasir POS untuk operasional restoran agar lebih efisien dan teratur dari kasir hingga dapur. Dengan IDEKU, bisnis kuliner tidak hanya mendapatkan sistem kasir pos saja, tetapi juga terintegrasi dengan berbagai fitur lainnya seperti IDEKU Loyalty untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
Loyalty bukan hanya dapat membantu restoran lebih ramai, tetapi juga salah satu cara yang cukup strategis untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan serta dapat membuat komunitas dari restoran.
IDEKU Loyalty juga dapat memberikan data yang real-time agar lebih memahami pelanggan yang sesuai dengan kebiasaan untuk mendukung dalam pembuatan strategi yang optimal.
Saatnya kembangkan bisnis kulinermu dengan sistem kasir POS IDEKU agar #SerbaTerkendali.