Dalam menjalankan bisnis, branding menjadi cara untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan yang lebih luas. Strategi penting yang harus diterapkan oleh para pebisnis, termasuk bisnis kuliner. Branding yang tepat akan membuat produk memiliki nilai jual yang tinggi.
Meskipun sangat penting, masih banyak pebisnis kuliner yang masih belum sadar untuk melakukan branding untuk pemasaran produknya. Untuk itu, berikut adalah cara branding produk agar bisnis kuliner bisa lebih dikenal oleh pelanggan yang lebih luas dari memahami apa itu branding, hingga bagaimana melakukannya dengan benar.
Mengenal Apa Itu Branding?
Secara definisi, branding adalah sebuah strategi untuk membentuk identitas bisnis yang berbeda, professional, dan menarik bagi pelanggannya.
Branding memiliki beberapa elemen penting seperti logo, nama produk, slogan, hingga kemasan produk yang disajikan untuk audiens.
Elemen ini dirancang untuk menggambarkan karakteristik dari sebuah merek agar bisa dengan sangat mudah diingat oleh konsumennya.
Tujuannya adalah untuk membentuk identitas merk agar lebih dikenal lebih luas dan dapat meningkatkan potensi penjualan.
5 Manfaat Melakukan Branding di Bisnis Kuliner
Simak manfaat dari branding untuk bisnis kuliner yang akan berpengaruh terhadap promosi maupun penjualan produk!
1. Pembeda dengan Kompetitor
Persaingan di bisnis kuliner yang cukup ketat dan kompetitif membuat para pebisnis harus memiliki produk yang berbeda dengan kompetitor di pasar.
Dengan branding yang menarik, tentu akan membuat audiens menjadi tertarik dan mudah dikenali di antara banyak pilihan produk yang tersedia.
2. Menambah Nilai bagi Produk
Manfaat dalam melakukan branding bagi bisnis kuliner berikutnya adalah dapat menambah nilai produk di mata konsumen.
Sebuah bisnis yang memiliki reputasi baik akan diasosiasikan sebagai produk dengan kualitas yang tinggi. Persepsi terhadap nilai produk bisa menjadi naik.
3. Kepercayaan Pelanggan Meningkat
Bisnis kuliner dengan branding yang kuat itu terbangun dari kepercayaan pelanggan yang tinggi. Ketika mereka merasa puas atas kualitas dan nilai produk yang dijual, maka mereka akan cenderung membeli produk tersebut dibanding dengan merek lainnya.
Jika kepuasan pelanggan sangat tinggi, maka akan sangat menjadi peluang untuk pelanggan yang loyal hingga dengan sukarela merekomendasikan produk yang disukainya pada orang lain.
4. Permudah Saat Ada Produk Baru
Merek yang sudah dikenal baik akan sangat mudah saat ingin memperkenalkan produk baru. Hal ini dikarenakan sudah familiarnya merek dan citra bisnis yang positif akan membuat mereka menjadi lebih tertarik untuk mencoba produk baru yang ditawarkan.
5. Tingkatkan Daya Tarik
Daya tarik adalah salah satu hal yang cukup penting dalam dunia bisnis kuliner yang sangat kompetitif. Cara agar meningkatkan daya tarik adalah dengan melakukan branding yang konsisten agar menciptakan kesan yang profesional.
Daya tarik dapat dibentuk dari komunikasi untuk nilai tambah produk yang membuka peluang besar dikenal target pasar yang lebih luas.
Simak! Ini Cara Branding Produk dalam Bisnis Kuliner yang Tepat
1. Identitas Merek yang Jelas
Dalam menjalankan bisnis, termasuk bisnis kuliner, identitas merek seperti logo menjadi elemen yang sangat penting untuk meningkatkan nilai jual merek hingga produknya.
Dengan logo yang menarik perhatian, maka akan menjadi magnet untuk menarik pelanggan dan memberikan kesan profesional sesuai dengan tujuan utama merek di pasar.
2. Nama Produk yang Unik
Selain logo, bisnis kuliner juga harus memiliki daya tarik dari nama produknya. Nama produk akan mempermudah dan membuat konsumen mudah mengingatnya.
Nama produk atau menu ini menjadi salah satu aspek penting untuk meningkatkan angka penjualan. Ada banyak menu yang unik, menarik, dan mudah diingat oleh konsumen yang disesuaikan dengan karakter bisnis kulinernya.
3. Memiliki Slogan yang Menarik
Slogan atau tagline adala cara yang bisa dibilang cukup sukses untuk membius para konsumen yang sesuai targetnya.
Dengan memiliki slogan yang menarik, maka bisnis kuliner pun akan memiliki daya tarik produk dan dapat meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Fokuslah pada slogan yang singkat, padat, mudah diingat dengan memberikan nilai maupun keunggulan menu atau produk.
4. Memiliki Kemasan yang Berbeda
Kemasan menjadi aspek penting lainnya selaun logo. Kemasan yang menarik akan meningkatkan harga jual produk di pasaran dan sebagai branding untuk menu yang dibawa pulang.
Dalam bisnis kuliner, kemasan yang menarik dan berbeda dapat meyakinkan pelanggan.
5. Manfaatkan Platform Digital
Perkembangan teknologi membuat berbagai lini bisnis harus bisa beradaptasi dengan dunia digital. Termasuk dalam memanfaatkan website sebagai salah satu media yang tepat untuk menjalankan strategi branding mulai dari menyediakan informasi, promosi, maupun memberikan kemudahan bagi konsumen untuk dapat berbelanja secara langsung.
Optimasi SEO juga dapat memperluas jangkauan pasar untuk mempermudah pelanggan untuk membeli produk.
Tak hanya itu, kehadiran media sosial dapat menjadi pintu masuk agar pelanggan mengenal lebih jauh tentang bisnis kuliner Anda dengan konten-konten yang dibuat.
6. Berikan Promo Eksklusif
Promo adalah bentuk branding yang paling disukai oleh para pelanggan. Dengan memberikan promo yang menarik, maka akan membuka peluang konsumen untuk membeli produk.
Promo yang eksklusif akan membuat branding bisa berjalan dengan baik sesuai dengan karakter produk dan menguntungkan bagi konsumen.
7. Memanfaatkan Berbagai Kerjasama
Kerjasama bisnis tak hanya dapat membuka pasar yang lebih luas lagi, tetapi juga bisa berdampak posifit bagi penjualan. Untuk itu, lakukanlah kerjasama dengan mitra bisnis maupun komunitas yang dekat dengan target pasar Anda.
Baca juga: Berkenalan dengan PiciPaco, Rekomendasi Restoran Asian Cuisine
8. Terus Berinovasi dan Konsisten
Kunci dari strategi branding yang berhasil adalah dengan memahami target audiens dengan terus berinovasi dan konsisten. Inovasi tak hanya dari menu atau produk, tetapi juga dari teknologi yang dimanfaatkan.
Bagi bisnis kuliner, menggunakan ekosistem kasir seperti IDEKU akan memberikan banyak kemudahan, tak hanya untuk karyawan tetapi juga untuk konsumen. Dengan ekosistem kasir POS yang mudah digunakan dan terintegrasi dari kasir hingga dapur, IDEKU memberikan sebuah alat yang membuat operasional bisnis berjalan dengan mudah.
Dengan IDEKU, bisnis kuliner tak hanya memiliki operasional bisnis yang efisien, tetapi juga memberikan wadah untuk memperkenalkan produk lewat visual yang menarik dan konsisten yang bisa dilihat konsumen di POS, menu digital, hingga restoran online seperti GrabFood.
Yuk, beralih ke IDEKU sekarang juga!
