Perbedaan Split Bill, Open Bill, dan Close Bill di Bisnis F&B

Memahami split bill, open bill, close bill
Memahami split bill, open bill, close bill

Dalam pembayaran di restauran, cafe atau bisnis kuliner lainnya, pasti ada berbagai macam pilihan untuk pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan mereka ketika selesai memesan makanan dan minuman. Biasanya, dalam bisnis F&B ini ada istilah split bill, open bill, dan close bill. Nah, split bill dan open bill jadi istilah yang cukup populer dalam pilihan metode pembayaran ini.

Ketiga metode ini memang lazim dan sering ditemukan pada bisnis F&B seperti coffee shop maupun restauran. Lalu apa itu opsi pembayaran ketiganya? Apa perbedaan dan kelebihan dari ketiganya? Simak pembahasan lengkapnya di sini!

Apa itu split bill?

Jika melihat dari makna sebenarnya, split bill atau membagi tagihan adalah sebuah metode pembayaran di mana tagihan dari pelanggan dibagi berdasarkan pesanan masing-masing individu dalam kelompok yang ada pada satu meja dengan pembayaran terpisah.

Jadi, orang tersebut akan membayar makanan atau minuman yang mereka pesan sendiri.

Apa itu open bill?

Open bill atau membuka tagihan adalah sebuah metode di mana tagihan akan tetap terbuka selama transaksi belum selesai atau belum ada permintaan untuk menyelesaikan transaksi oleh pelanggan. Cara ini biasanya dilakukan ketika ada acara atau pesta di mana tamu terus memesan makanan dan minuman. Tagihan secara total akan muncul saat acara selesai dilakukan

Apa itu close bill?

Close bill atau menutup tagihan adalah kebalikan dari open bill. Pengertiannya adalah proses pembayaran di mana semua pesanan pelanggan dalam satu meja atau kelompok yang diselesaikan sekaligus di akhir. Pembayaran ini dilakukan setelah selesai makan dan minum yang diselesaikan pada satu kali pembayaran oleh satu orang.

Keuntungan & Kekurangan dari split bill, open bill, close bill

Ketiga jenis pembayaran ini memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah penjelasannya:

1. Membagi tagihan

Pembayaran dengan metode split bill memiliki keuntungan yaitu adil dan merata sesuai dengan pesanan yang dipesan masing-masing. Selain itu juga bisa menghindari kebingungan dan perdebatan saat pembagian pembayaran dalam membayar tagihan di sebuah tempat yang memiliki pajak maupun biaya layanan lainnya.

Sedangkan, kekurangan dari split bill ini akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menghitung pesanan dari masing-masing individu. Kecuali memang jika restauran tersebut sudah memiliki pilihan split bill yang bisa dilakukan langsung di kasir untuk membagi berdasarkan total pesanan maupun total tagihan.

2. Membuka tagihan

Opsi pembayaran open bill ini sama populernya dengan split bill, memiliki keuntungan seperti memudahkan pengelolaan pesanan makanan dan minuman selama acara sedang berlangsung, memudahkan pesanan kelompok yang datang secara bergantian.

Namun, open bill ini juga memiliki kekurangan jika pesanan tidak dikelola dengan baik dan sulit melacaknya, memiliki risiko pengeluaran yang membengkak karena siapa saja bebas menambahkan pesanan.

Baca juga: Cara Membuat Pelanggan Loyal di Bisnis F&B

3. Menutup tagihan

Close bill sendiri adalah kebalikan dari open bill. Sistem pembayaran ini memiliki keuntungan seperti membuat proses pembayaran menjadi lebih cepat dan efisien, membagi tagihan menjadi rata jika berkelompok.

Kekurangan dari sistem close bill ini akan menimbulkan rasa tidak adil jika ada perbedaan yang cukup banyak dari jumlah pesanan per individu.

Optimalkan Pengalaman Pelanggan dengan Sistem Pembayaran yang Beragam

Sebagai pelaku bisnis makanan dan minuman (F&B), Anda dapat menyediakan beragam opsi pembayaran agar pelanggan merasakan pengalaman bertransaksi yang efisien dan lebih menyenangkan. Tentunya, dengan sistem POS yang inovatif, bisnis kuliner Anda akan lebih efisien secara operasional dan meningkatkan kepercayaan pelanggan yang tak hanya suka secara pilihan menu, rasa yang nikmat, namun juga pelayanan lain yang maksimal.

Dengan membenahi tata kelola managemen dan operasional bisnis F&B yang efektif, tentu akan menciptakan pengalaman yang terbaik bagi para pelanggan. Untuk itu, IDEKU hadir untuk memaksimalkan operasional bisnis kuliner Anda dengan beragam produk inovatif seperti aplikasi kasir POS IDEKU yang akurat, permudah pesanan dengan IDEKU QR, hingga sederhanakan pembayaran dengan fitur split bill IDEKU.

Coba pengalaman terbaik menggunakan IDEKU dengan PDKT sama #POSIdaman, daftar sekarang untuk jadi 100 merchant kuliner pilihan yang mendapatkan POS GRATIS dari IDEKU. Cek caranya ikutannya!

    Comments

    No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *