Mengenal Metode dan Sistem Antrian di Bisnis Kuliner

Mengenal Metode dan Sistem Antrian di Bisnis Kuliner
Mengenal Metode dan Sistem Antrian di Bisnis Kuliner

Industri makanan dan minuman di Indonesia kini sedang memasuki fase yang cukup berkembang. Tren ini dibuktikan semakin meningkatnya popularitas bisnis kuliner dan didorong oleh gaya hidup yang membutuhkan kecepatan dan kemudahan.

Perkembangan ini didukung dengan berbagai inovasi yang hadir dalam industrinya, seperti penggunaan sistem kasir yang terintegrasi dan bagaimana sebuah restoran dapat mengatur antrian. Panjang atau tidaknya antrian dapat menjadi penilaian restoran atau tempat makan tersebut begitu diminati.

Tentu, dapat mengatur antrian dengan metode dan sistem yang dibuat dapat semakin membuat pelanggan menjadi lebih nyaman.

Apa itu Antrian?

Antrian adalah sekumpulan pelanggan yang sedang menunggu di sebuah tempat untuk mendapatkan sebuah layanan dari satu atau lebih dari penyedia layanan tersebut. Hal ini akan membuat barisan atau urutan lalu menunggu giliran mereka untuk memesan hingga mendapatkan meja dan saat mereka dipanggil.

Kondisi ini lah yang membuat adanya mengantri yang membuat seseorang atau kelompok harus menunggu secara berurutan untuk mendapatkan layanan dari penyedia, seperti restoran dan lain sebagainya.

Mengenal Apa itu Sistem Antrian

Jika Anda sedang ingin membangun bisnis kuliner, penting untuk memahami sistem yang ada di dalam antrian. Dikutip dari beberapa sumber, sistem antrian yang biasanya digunakan oleh banyak orang ada empat jenis, yaitu:

1. Satu Antrian Satu Pelayan

Metode satu antrian satu pelayan atau single channel single phase adalah sistem di mana seorang pelanggan datang hanya akan melewati satu pelayan saja. Setelah selesai, ia akan langsung keluar dari antrian. Sistem ini sering diterapkan di banyak bidang usaha seperti supermarket, restoran, tiketing di stasiun atau terminal dan sebagainya.

Ini adalah salah satu sistem yang paling mudah diterapkan kepada pelanggan karena bisa diarahkan hanya ke satu fasilitas pelayanan untuk mendapatkan fasilitas yang diinginkannya. Sistem ini juga tidak membutuhkan banyak pelayan, namun dibutuhkan kecepatan dalam melayani. Jika kurang cepat, maka pelanggan akan merasa bosan dan bisa memberikan penilaian yang kurang baik.

Pola satu antrian satu pelayan. Sumber: Gramedia.com

2. Satu Antrian Beberapa Pelayan

Sistem satu antrean beberapa pelayan atau multiple channel single phase adalah metode antrian yang memiliki beberapa fasilitas pelayanan. Pada sistem ini, ketika satu pelayanan sedang kosong, maka pelanggan akan diarahkan ke sana.

Mereka akan diarahkan untuk membuat satu barisan atau antrian dengan diberikan nomor tunggu atau antrian. Sistem ini sering kita temukan di bank, salon, cuci mobil, loket pelayanan masyarakat dan lainnya.


Pola satu antrian beberapa pelayan. Sumber: Gramedia.com

3. Beberapa Antrian dan Beberapa Pelayanan secara Paralel

Sistem beberapa antrian dan beberapa pelayanan ini adalah salah satu sistem antrian yang bisa dibilang cukup rumit karena harus melewati beberapa pelayanan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengecek kembali pelayanan kepada pelanggan apakah masih ada yang kurang atau tidak.

Sistem ini akan ditemu pada proses manufaktur di pabrik. Sistem antrian ini melewati beberapa tahap sebelum sampai ke tangan pelanggan.

Pola beberapa antrian beberapa pelayan. Sumber: Gramedia.com

Baca juga: Cara Memahami Retensi Pelanggan di Bisnis Kuliner

4. Satu Antrian Beberapa Pelayan Seri

Sistem satu antrian beberapa pelayan seri atau single channel multiple adalah sistem antrian ketika seorang pelanggan sudah masuk ke dalam suatu pelayanan, maka ia harus mengikuti sistem yang sudah dibuat tersebut. Pola sistem ini hampir serupa dengan sistem antrian paralel.

Sistem ini sering ditemukan di Indonesia seperti saat ingin naik kereta api. Pelanggan akan melewati beberapa pelayan mulai dari pembelian tiket, cetak tiket, pengecekan data, hingga duduk di dalam kereta.

Kemudahan aplikasi antrean restoran dengan IDEKU Queue
Kemudahan aplikasi antrean restoran dengan IDEKU Queue

Seberapa Penting Mengelola Antrian di Bisnis Kuliner?

Bisnis kuliner adalah salah satu contoh jika tidak dapat membuat sistem maupun mengelola antrian akan berujung pada komplain dari pelanggan. Sistem antrian yang tidak jelas membuat mereka akan bosan dan memberikan penilaian buruk sehingga membuat mereka akan berpaling ke kompetitor.

Gambaran antrian di restoran

Untuk mengelola antrian ini, IDEKU memiliki sebuah sistem inovatif untuk mengatur antrian di restoran, cafe, coffee shop, atau bisnis kuliner lainnya agar lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan IDEKU Queue, bisnis kuliner akan terbantu karena memaksimalkan operasional seperti proses antrian hingga mengelola jam sibuk di restoran.

Ingin merasakan kemudahan dalam mengelola antrian di restoran? Coba kemudahannya dan jadwalkan demonya sekarang, Gratis!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *