7 Ide Promo Ramadan untuk Tingkatkan Keuntungan Bisnis F&B!

Bulan suci Ramadan selalu menjadi momen spesial bagi siapa saja baik yang menjalankan maupun yang ikut merasakan berkahnya, termasuk bisnis kuliner.

Dengan meningkatnya permintaan akan menu berbuka puasa dan sahur, bisnis kuliner perlu mencari ide promo Ramadan untuk menerapkan strategi promosi yang tepat agar dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Artikel ini akan membahas beberapa ide program Ramadan yang bisa diterapkan untuk mendongkrak penjualan selama bulan puasa.

7 Ide Promo Ramadan yang Bisa Dilakukan Bisnis Kuliner

Sebagai pebisnis kuliner, tentunya Anda juga tidak ingin ketinggalan peluang emas untuk memaksimalkan omzet bisnis.

Apalagi, bulan Ramadhan menjadi bulan spesial di mana ada banyak momen buka bersama kerabat dan sahabat.

Nah, berikut beberapa strategi ide promo Ramadhan yang bisa coba Anda terapkan.

1. Diskon atau Cashback di Jam Tertentu

Salah satu ide promo yang selalu berhasil yaitu memberikan diskon atau potongan harga.

Anda bisa memanfaatkan jam-jam sebelum berbuka untuk menawarkan promo diskon atau cashback.

Misalnya, pelanggan yang membeli sebelum jam 17.00 bisa mendapatkan potongan harga atau cashback tertentu.

Contoh nama promonya seperti “Diskon Berkah Sebelum Maghrib” atau”Cashback Puasa Berkah”.

2. Paket Promo Bulan Puasa yang Menggugah Selera

Paket berbuka dan sahur yang menarik dapat mendorong pelanggan untuk memilih restoran Anda dibanding kompetitor.

Beberapa contoh promo bulan Ramadan dalam bentuk paket:

  • Paket Berbuka Hemat yang berisi menu lengkap berbuka dengan harga spesial.
  • Paket Sahur Praktis dengan pilihan menu yang bisa dibawa pulang atau dipesan online.
  • Paket Keluarga Ramadan untuk keluarga besar dengan harga bundling lebih murah.
  • Paket Berkah Berdua membuat menu spesial untuk dua orang dengan tambahan gratis minuman atau dessert.

Baca juga: Ingin Berbisnis Kuliner? Ini Ide Jualan Takjil Ramadan yang Bikin Cuan

3. Ramadan Promo dengan Sistem Loyalty

Menggunakan sistem loyalty bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan selama Ramadan. Beberapa strategi yang bisa Anda terapkan:

  • Memberikan voucher diskon khusus Ramadan yang hanya bisa digunakan dalam batas waktu tertentu yang sudah ada.
  • Membuat akses membership eksklusif Ramadan kepada pelanggan setia untuk memberikan penawaran eksklusif
  • Memberikan penawaran pada setiap pembelian tertentu seperti promo Buy 1 Get 1 hingga voucher gratis untuk pembelian berikutnya.
  • Berikan reward tambahan bagi pelanggan yang sering bertransaksi selama Ramadan dalam bentuk poin atau penawaran lainnya.

Anda bisa menerapkan strategi ini dengan menggunakan IDEKU Loyalty Program yang dapat terintegrasi dengan sistem kasir POS.

Pelanggan semakin loyal dengan IDEKU Loyalty
Pelanggan semakin loyal dengan IDEKU Loyalty

4. Program Berbagi untuk Meningkatkan Brand Image

Selain meningkatkan penjualan, Ramadan juga momen yang tepat untuk berbagi.

Program berbagi dapat menarik perhatian pelanggan sekaligus meningkatkan citra bisnis Anda.

Beberapa contoh program Ramadhan yang bisa Anda jalankan seperti acara buka puasa bersama anak yatim, memberikan donasi ke yayasan amal, hingga memberi berkah untuk orang lain.

Contoh ide program Ramadhan misalnya “Makan Sambil Berbagi” atau “Bersama Berkah Ramadan”

5. Menu Spesial Ramadan

Selain memiliki signature menu di restoran, Anda juga bisa membuat menu spesial khusus bulan Ramadhan.

Contohnya berbagai hidangan takjil seperti kolak, cendol, es timun suri, atau hidangan khas lainnya. Menu terbatas ini bisa menarik pelanggan yang ingin merasakan cita rasa khas Ramadan.

6. Paket Catering Bukber Kantor

Di Bulan Ramadhan, biasanya banyak kantor dan perusahaan yang mengadakan acara buka puasa bersama.

Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan mengadakan layanan catering acara buka puasa.

Paket catering yang lengkap dan praktis bisa menjadi solusi bagi pelanggan yang ingin menyelenggarakan buka puasa dengan mudah.

Baca juga: Ingin Berbisnis Kuliner? Ini Standar Dapur Catering Professional

7. Kolaborasi dengan Influencer dan KOL

Agar ide promo Ramadhan Anda makin dikenal, Anda dapat menggandeng influencer kuliner atau partner bisnis lain untuk memperluas jangkauan promosi.

Misalnya, bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan atau komunitas tertentu untuk meningkatkan eksposur brand Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan Ramadhan promo yang ditawarkan.

Strategi yang bisa diterapkan yaitu:

  • Berkolaborasi dengan Food Influencer untuk mereview menu Ramadan di restoran Anda.
  • Adakan giveaway spesial Ramadan
  • Buatlah sebuah acara seperti Live Cooking Show menu Ramadan di Instagram atau TikTok.
  • Manfaatkan User-Generated Content untuk mengajak pelanggan membagikan pengalaman berbuka di restoran Anda dengan hashtag khusus.

Baca juga: Memahami Strategi Influencer Marketing untuk Restoran Menarik Pelanggan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *