Ini Cara Daftar QR Cashier untuk Kemudahan Bisnis Kuliner!

Sistem pembayaran non-tunai kini semakin diminati, terutama untuk bisnis kuliner yang semakin mengikuti perkembangan era digital. Di era serba digital, sistem pembayaran non-tunai makin diminati. Salah satu sistem pembayaran yang paling populer digunakan adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang memberikan kemudahan pada pelanggan untuk membayar transaksinya hanya dengan scan QR Code yang ada di toko.

Bagi para pelaku bisnis F&B, terutama yang sudah menggunakan aplikasi kasir atau POS, memiliki QR Cashier adalah cara yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan maupun efisiensi transaksi.

Apa Itu QR Cashier?

QR Cashier adalah sebuah revolusi pembayaran di Indonesia untuk standarisasi pembayaran dengan qr code dari Bank Indonesia agar mempercepat proses transaksi jadi lebih cepat, mudah, dan aman serta terintegrasi dengan aplikasi kasir POS.

5 Keuntungan Menggunakan QR Cashier

Penggunaan QRIS dalam bisnis kuliner membuat pelanggan menjadi lebih mudah dan operasionalnya yang lebih efisien. Adapun keuntungannya yaitu:

  • QRIS membuat transaksi lebih cepat & tanpa uang tunai
  • Terintegrasi langsung dengan sistem kasir IDEKU
  • Rekap otomatis & minimalisir kesalahan input
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Mendukung berbagai metode pembayaran digital (OVO, DANA, GoPay, ShopeePay, dll)

Cara Daftar QR Cashier untuk Bisnis F&B

Bisnis kuliner Anda ingin mendaftar QR cashier? Berikut langkah-langkah adalah langkahnya:

1. Pilih Penyedia Resmi QRIS/QR Cashier

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftar melalui penyelenggara resmi yang sudah berizin dari Bank Indonesia.

2. Isi Formulir Pendaftaran dan Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah memilih penyedia QR Cashier, Anda dapat mengisi formulir pendaftaran dengan menyiapkan beberapa dokumen yang biasanya dibutuhkan, seperti:

  • KTP pemilik usaha
  • NPWP (opsional tergantung penyedia)
  • Foto tempat usaha atau dokumen legalitas usaha
  • Rekening bank atas nama pribadi atau usaha

3. Tunggu Proses Verifikasi

Pihak penyedia QRIS akan melakukan proses verifikasi data dan dokumen yang Anda kirimkan saat pengisian formulir pendaftaran. Biasanya memakan waktu 2–5 hari kerja. Setelah disetujui, Anda akan mendapatkan stiker atau file QRIS unik.

4. QR Cashier Siap Digunakan!

Setelah aktif, QR code akan otomatis terhubung ke sistem POS kamu. Anda bisa menjadikannya pilihan dan pelanggan tinggal scan, transaksi langsung tercatat di aplikasi kasir.

Tips Maksimalkan Bisnis Kuliner dengan IDEKU QRIS

Selain memiliki ekosistem kasir yang terintegrasi, IDEKU QRIS juga dapat mempermudah bisnis kuliner dan memberikan kemudahan kepada pelanggan. Anda bisa memaksimalkannya dengan cara berikut:

  1. Tampilkan QRIS di dekat kasir, meja, atau menggunakan layar kasir
  2. Berikan edukasi kepada pelanggan tentang kemudahan membayar dengan QRIS
  3. Cek laporan transaksi berkala lewat POS
  4. Promosikan pembayaran digital dengan promo cashback
  5. IDEKU QRIS bisa melayani penarikan H+1 termasuk di hari Sabtu dan Minggu jika Anda ingin menggunakannya sebagai modal atau keperluan lainnya.

Baca juga: Memahami Apa Itu Sistem Pembayaran Restoran yang Efisien

Saatnya Beralih ke IDEKU QRIS untuk Rasakan Beragam Kemudahannya

Dengan menggunakan IDEKU QRIS yang terintegrasi dengan sistem kasir POS, proses pembayaran di bisnis F&B akan jadi lebih cepat, praktis, dan aman. Tak hanya itu, Anda juga dapat mencairkan dana yang masuk ke dalam transaksi tanpa harus menunggu lama dan tercatat secara otomatis di aplikasi kasir IDEKU.

Yuk, daftar QR Cashier IDEKU QRIS sekarang dan bawa bisnis kuliner Anda naik ke level berikutnya!

Kelola Bisnis F&B dengan IDEKU
Kelola Bisnis F&B dengan IDEKU

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *