Cara Membuat Pelanggan Loyal di Bisnis F&B

Cara Membuat Pelanggan Loyal di Bisnis F&B

Dalam sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis F&B, memiliki pelanggan setia adalah salah satu kunci untuk tetap bertahan dalam kesuksesan jangka panjang. Pelanggan yang loyal tidak hanya berkontribusi pada pendapatan, tetapi juga membantu mempromosikan bisnis Anda melalui rekomendasi dan ulasan positif.

Hal ini tentu tidak bisa terwujud dengan mudah jika Anda tidak menerapkan sebuah program yang membuat pelanggan Anda menjadi semakin loyal. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk membuat mereka menjadi loyal di bisnis F&B Anda:

Gunakan Cara Ini untuk Membuat Pelanggan Setia!

1. Berikan Pelayanan yang Luar Biasa

Pelanggan cenderung kembali jika mereka merasa dihargai dan puas dengan pengalaman mereka. Pastikan staf Anda ramah, responsif, dan profesional dalam melayani setiap pelanggan, termasuk ketika mereka memberikan keluhan atau masukan terhadap tempat Anda. Tak hanya itu, kualitas rasa dalam setiap menu yang Anda miliki juga harus tetap terjaga agar pelanggan merasa senang.

2. Tawarkan Program Loyalitas

Program loyalitas adalah cara efektif untuk membuat pelanggan menjadi lebih dihargai. Anda bisa memberikan insentif berupa diskon, poin, atau hadiah khusus untuk setiap pembelian mereka. Bersama IDEKU Loyalty, Anda bisa membuat beragam program khusus pelanggan setia.

Contoh Program Loyalitas yang bisa diadaptasi:

  • Kartu member dengan diskon khusus.
  • Poin reward yang dapat ditukarkan dengan produk gratis.
  • Penawaran eksklusif untuk pelanggan setia.

3. Kenali dan Pahami Pelanggan Anda

Pelanggan akan merasa lebih dihargai jika Anda menunjukkan perhatian pada kebutuhan dan preferensi mereka. Anda bisa menerapkan untuk mencatat data pelanggan dan menawarkan member untuk memberikan pengalaman yang lebih personal seperti ulang tahun, penawaran khusus, hingga preferensi menu favoritnya.

Baca juga: Keuntungan Sistem Manajemen Meja untuk Bisnis F&B

4. Konsisten dalam Memberikan Kualitas

Konsistensi dalam bisnis F&B menjadi kunci untuk membangun kepercayaan. Anda harus memastikan untuk menjaga kualitas menu mulai dari bahan hingga tersaji di meja pelanggan. Konsistensi bisa dilakukan dengan pengecekan kualitas menu secara rutin hingga melakukan inovasi sesuai dengan preferensi pelanggan.

5. Bangun Komunikasi yang Aktif di Berbagai Channel

Untuk membangun loyalitas pelanggan, Anda harus tetap terhubung dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti media sosial, email, atau aplikasi chatting seperti WA. Dengan saluran ini, Anda bisa membangun komunikasi secara personal untuk mengirimkan berbagai info, promosi, tips, atau berita-berita terbaru yang menarik.

Gunakan juga media sosial untuk memberikan konten-konten yang menarik dan menjawab pertanyaan dari audiens untuk terus berinteraksi, tidak dianggap akun robot.

6. Libatkan Pelanggan dalam Pengambilan Keputusan

Ajak pelanggan Anda merasa menjadi bagian dari perkembangan bisnis Anda. Mintalah feedback atau pendapat mereka tentang produk baru atau layanan Anda melalui polling di media sosial saat ingin mengeluarkan menu baru atau memilih menu favorit pilihan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan hadiah seperti giveaway atau sesuatu yang menarik lainnya.

Bersiap untuk Pengalaman Terbaik untuk Pelanggan Loyal bersama IDEKU

Sebagai aplikasi kasir POS yang mempermudah operasional bisnis F&B, IDEKU juga memiliki fitur Loyalty Program untuk membuat pelanggan setia agar tetap memilih bisnis Anda. Selain itu, ada banyak fitur premium yang bisa dinikmati dan membantu untuk membuat pelanggan menjadi lebih loyal.

IDEKU memiliki program bagi-bagi POS gratis, PDKT sama #POSIdaman untuk mencoba beragam pengalaman yang berbeda hingga 31 Desember 2024. Cek info selengkapnya di https://ideku.id/id/pdkt-sama-pos-idaman

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *