Bisnis kuliner di Indonesia masih menjadi salah satu jenis bisnis yang bisa bertahan dan berkembang. Produk yang disajikan bisnis kuliner tak hanya menyajikan rasa yang lezat saja, tetapi juga menjadi cara untuk menggugah selera pelanggan melalui iklan makanannya.
Tak hanya menggugah selera, foto produk dalam makanan juga dapat membangun hubungan secara emosional, dan dapat membuat konsumen melakukan sebuah tindakan nyata.
Apa itu Iklan Makanan?
Iklan makanan merupakan semua bentuk komunikasi atau strategi dengan menggunakan visual maupun audio yang tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan produk makanan dan minuman kepada konsumen.
Iklan makanan sering ditemukan berupa video, tulisan, gambar, atau mengkombinasikan ketiganya dengan disebarkan melalui berbagai platform atau channel seperti media sosial, televisi, billboard, tampilan aplikasi kasir, hingga kemasan produk.
Dalam bisnis kuliner bukan hanya untuk menjual produk saja, tetapi juga membuat citra yang positif untuk tingkatkan brand awareness dan membuat pelanggan ingin mencoba produk tersebut.
4 Tujuan Utama Memanfaatkan Iklan Bisnis Kuliner
Iklan makanan memiliki tujuan yang efektif dalam memperkenalkan produk pada pelanggan. Berikut adalah tujuan utama untuk mendukung perkembangan bisnis kuliner!
Meningkatkan Brand Awareness
Visualisasi dapat mendukung rasa yang nikmat ini dapat membantu sebuah brand untuk membuat mereka menjali lebih dikenal lebih luas oleh konsumen mulai dari nama hingga jenis produk makanan dan minuman yang ditawarkan.
Mendorong Keinginan Konsumen
Tujuan utamanya tentu untuk menigkatkan selera dan minat konsumen hingga membuat mereka mengambil keputusan untuk mencoba atau membeli produk.
Memberikan Keputusan Pembelian
Dengan memanfaatkan tampilan makanan yang ditujukan kepada konsumen, maka mereka akan mendapatkan informasi yang relevan dan membuatnya yakin untuk memilih produk tersebut daripada kompetitor.
Membangun Loyalitas Pelanggan
Iklan konsumen yang dijalankan secara masif dapat membuat konsumen lebih memahami produk tersebut dan membuatnya dapat melakukan pembelian berulang. Ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Contoh Iklan Makanan yang Menggugah Selera dari Brand Makanan dan Minuman Terkenal di Indonesia
Contoh Iklan Minuman dari Brand Minuman Populer



Contoh Iklan Makanan dari Brand Populer



Baca Juga: Seberapa Penting Peran Quality Control di Restoran?
Padukan Iklan makanan yang Menarik dengan Operasional Bisnis yang Efisien
Iklan makanan yang menarik tentu akan meningkatkan penjualan bisnis kuliner. Dalam menjalankannya, bisnis membutuhkan operasional yang efisien seperti ekosistem kasir IDEKU. Perpaduan ini akan membuat manajemen bisnis kuliner menjadi lebih terintegrasi dan lebih rapi.
Dengan sistem kasir IDEKU, pebisnis kuliner dapat mengetahui menu yang paling laris dan populer lewat dashboard analytic. Dengan data yang aktual, strategi promosi terbaik bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
Dengan IDEKU, bisnis kuliner tak hanya memiliki operasional bisnis yang efisien, tetapi juga memberikan wadah untuk memperkenalkan produk lewat visual yang menarik dan konsisten yang bisa dilihat konsumen di POS, menu digital, hingga restoran online sepertiĀ GrabFood.
