Mengelola sebuah restoran bukan hanya soal menyajikan makanan lezat, tapi juga bagaimana mengatur manajemen restoran dari operasional hingga banyak hal lainnya agar lebih efisien untuk bisnis yang berkembang.
Dunia F&B yang kompetitif membuat manajemen restoran dapat menjadi kunci utama keberhasilan. Hal ini perlu dipahami para pebisnis F&B pemula agar memahami pengelolaan restoran, mulai dari manajemen keuangan, SDM, dapur, hingga penggunaan teknologi terbaru seperti aplikasi manajemen restoran.
5 Kunci Sukses Manajemen Restoran Bagi Pebisnis Kuliner Pemula
Dalam menjalankan manajemen restoran yang baik, Anda harus melakukan hal berikut:
1. Mulai dengan Mencatat Keuangan Restoran
Manajemen keuangan adalah salah satu fondasi utama dalam menjaga stabilitas bisnis. Banyak restoran yang gagal bukan karena menu makanan dan minuman yang tidak sesuai, tetapi karena arus kas di dalamnya tidak sehat.
Mencatat pemasukan dan pengeluaran jadi penting, mulai dari pembelian bahan baku, gaji karyawan, hingga biaya operasional lainnya. Laporan keuangan rutin akan dapat membantu pemilik restoran melihat peluang keuntungan dan mengambil keputusan berbasis data.
2. Berinvestasi di SDM Restoran
Manajemen SDM kini memegang peran penting dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan. Mulai dari chef, waiter, kasir, hingga cleaning service harus memiliki peran yang jelas dan kemampuan yang memadai untuk menciptakan operasional yang efisien.
Buatlah SOP yang jelas untuk setiap posisi, berikan pelatihan rutin dan evaluasi performa serta membangun budaya kerja yang positif di perusahaan.

3. Manajemen Dapur Restoran
Beberapa pebisnis F&B sering melupakan perhatiannya terhadap manajemen dapur. Padahal, dapur adalah jantung dari operasional sebuah bisnis kuliner. Dapur yang tertata dan dikelola dengan baik dapat membemberikan pelayanan terbaik seperti meningkatkan efisiensi waktu, mengurangi food waste, dan menjaga konsistensi rasa makanan.
Manajemen dapur yang baik akan berfokus pada desain layout yang ergonomis, memiliki standar pada resep dan porsi, terkontrolnya bahan baku di inventori, dan memiliki komunikasi yang lancar antara tim dapur dengan tim di luar dapur.
4. Membedakan Manajemen Cafe dan Restoran
Manajemen cafe dan restoran dianggap memiliki kemiripan, namun ternyata punya perbedaan pada ritme operasional dan jenis layanan. Manajemen cafe biasanya lebih banyak berfokus pada minuman, makanan ringan, dan suasana santai. Sedangkan manajemen di restoran lebih kompleks dengan menu utama dan alur layanan yang lebih formal dengan sop yang lebih ketat.
Baca juga: Ingin Usaha Kopi? Perbedaan Coffee Shop dan Coffee Roastery
5. Memanfaatkan Aplikasi Manajemen Restoran
Di era bisnis kuliner digital, mengelola restoran secara manual adalah sebuah pilihan yang kurang bijak. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi manajemen restoran untuk menyederhanakan berbagai proses bisnis kuliner.
Dengan aplikasi restoran sistem kasir IDEKU, Anda dapat menikmati beragam fitur seperti sistem kasir POS, pencatatan penjualan, stok bahan di inventori, pemesanan online dengan QR, program loyalitas pelanggan hingga self-service Kiosk yang bisa dilakukan dalam satu platform.
