12 Cara Pemasaran Roti Bakery untuk Tingkatkan Penjualan

Cara pemasaran roti bakery yang efektif akan membuat bisnis bakery dan bisnis kue Anda makin dikenal luas dan tak pernah sepi pelanggan.

Strategi pemasaran tentu juga sangat penting karena menjalankan bisnis bakery bukan hanya sekedar membuat roti yang lezat.

Jika Anda sedang mencari cara pemasaran roti bakery yang efektif, berikut 12 strategi yang bisa Anda terapkan.

1. Membuat Kemasan Roti yang Menarik

Kemasan adalah kesan pertama yang dilihat pelanggan sebelum mencicipi rasa.

Desain kemasan yang menarik, bersih, dan menggugah selera dapat meningkatkan daya tarik produk roti bakery Anda.

Untuk itu, buatlah desain kemasan roti yang menarik sekaligus bisa melindungi roti dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan label informasi seperti keterangan bahan atau alergen.

2. Berikan Diskon dan Penawaran

Diskon adalah senjata klasik namun efektif untuk menarik minat pembeli. Apalagi jika diberikan di momen spesial seperti hari raya, ulang tahun toko, atau akhir pekan.

Anda juga bisa membuat promo bundling, seperti beli 3 gratis 1, untuk meningkatkan jumlah pembelian per transaksi.

3. Membership untuk Pelanggan Loyal

Untung memancing pelanggan agar kembali lagi ke toko bakery Anda, Anda bisa membuat program Loyalty atau membership.

Cara pemasasaran roti bakery ini bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan membuat mereka menjadi pelanggan setia.

Anda bisa membuat loyalty card dimana pelanggan mendapat poin untuk setiap pembelian. Kemudian, poin tersebut bisa ditukarkan dalam bentuk diskon atau roti gratis.

Agar lebih praktis, Anda dapat menggunakan sistem kasir POS yang menyediakan sistem Loyalty Program seperti POS IDEKU.

Aplikasi Data Pelanggan IDEKU untuk Pelanggan Loyal dan Baru
Aplikasi Data Pelanggan IDEKU untuk Pelanggan Loyal dan Baru

4. Manfaatkan Media Sosial

Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook sebagai etalase online bakery Anda.

Posting foto roti segar setiap hari, video proses pembuatan, atau konten interaktif seperti polling rasa baru. Manfaatkan pula sebagai sosial media untuk menerima pesanan.

Dengan aktif di media sosial, Anda dapat membuat bisnis bakery lebih dekat dengan konsumen.

5. Kerjasama dengan Microinfluencer atau KOL

Anda bisa menggandeng microinfluencer atau food blogger yang memiliki follower aktif dan relevan dengan produk bakery.

Cukup dengan memberikan mereka sample produk dan meminta mereka untuk mengulasnya, maka jangkauan brand Anda akan meningkat secara signifikan.

Ini adalah cara yang lebih hemat dibanding endorse selebritas besar, namun tetap efektif.

6. Partnership dengan Restoran atau Cafe

cara pemasaran roti bakery

Partnership menjadi langkah strategis dalam cara pemasaran roti bakery. Anda dapat menggandeng cafe, restoran, atau coffee shop untuk bekerjasama

Misalnya, Anda bisa menitipkan produk roti bakery Anda untuk dijual di sana, atau membuat kerja sama eksklusif dengan harga grosir.

Selain memperluas distribusi, cara ini juga membantu memperkenalkan merek Anda ke segmen pelanggan baru.

7. Mengikuti Event atau Bazar Kuliner

Event kuliner seperti bazar di mall, sekolah, atau komunitas lokal adalah ajang yang tepat untuk memperkenalkan bakery Anda kepada publik.

Selain berjualan, Anda juga bisa membagikan brosur, kupon diskon, atau mengadakan mini game untuk menarik perhatian pengunjung.

8. Membuat Menu Bakery Edisi Spesial

Momen-momen spesial seperti hari kemerdekaan, Ramadan, atau tahun baru bisa Anda manfaatkan dengan membuat varian roti edisi khusus.

Misalnya, roti isi rendang untuk memperingati hari kemerdekaan, atau roti dengan topping kurma untuk menyambut Ramadan.

Ini akan menciptakan excitement dan rasa penasaran di kalangan konsumen.

9. Ikuti Perkembangan Trend

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan trend yang sedang viral.

Misalnya, saat film populer sedang booming, Anda bisa membuat roti dengan bentuk atau warna yang terinspirasi dari film tersebut.

Atau saat masyarakat sedang menyukai makanan sehat, Anda bisa meluncurkan roti gandum rendah gula. Fleksibilitas ini akan membuat brand bakery Anda tetap relevan.

10. Dekorasi Tampilan Toko Agar Estetik

bakery

Toko dengan tampilan yang bersih, estetik, dan Instagramable bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Pelanggan cenderung lebih tertarik untuk mampir jika melihat toko yang rapi dan fotogenik.

Dekorasi toko yang apik juga bisa mendorong pengunjung membagikan foto di media sosial, yang secara tidak langsung menjadi promosi gratis untuk bisnis bakery Anda.

11. Berikan Sampel Gratis

Memberikan sampel gratis saat launching produk baru atau menjelang hari raya adalah strategi efektif untuk menarik minat beli.

Pelanggan bisa mencoba produk baru tanpa risiko, dan jika mereka suka, kemungkinan besar akan membeli dalam jumlah lebih banyak.

Ini juga menunjukkan bahwa Anda percaya diri dengan kualitas produkmu.

12. Mengadakan Workshop Membuat Roti atau Kue

Menggelar workshop roti bekerja sama dengan komunitas, sekolah, atau ibu-ibu rumah tangga dapat meningkatkan eksposur brand bakery Anda.

Di sini, Anda bisa menunjukkan kualitas bahan dan teknik pembuatan roti dari bakery Anda.

Selain menambah kepercayaan pelanggan, kegiatan ini juga menciptakan pengalaman positif yang sulit dilupakan.


Dengan menerapkan berbagai cara pemasaran roti bakery di atas, Anda bisa memperluas jangkauan pasar dan membangun loyalitas konsumen dengan lebih kuat.

Ingat, promosi yang baik akan percuma tanpa produk berkualitas, jadi pastikan roti yang Anda jual selalu fresh dan lezat!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *