Home » Bisnis Insight » Tips Memilih Nama Online Shop Untuk Bisnismu

Tips Memilih Nama Online Shop Untuk Bisnismu

Memilih Nama Online Shop
Sahabat Ideku, seiring dengan semakin banyaknya toko online yang bermunculan, diikuti dengan perusahaan besar yang mulai ikut memasarkan bisnisnya secara online, bukan hanya offline saja, menunjukan bahwa perkembangan bisnis online di Indonesia sangat baik.

Tidak salah bagi kita untuk mencoba memulai toko online kita sendiri, baik secara full time maupun part time. Menjadi reseller, dropshipper atau berjualan produk hasil karya kita sendiri bisa menjadi pilihan. Untuk itu kita perlu memilih nama online shop yang unik dan menarik perhatian calon pembeli.

Memilih sebuah nama bukan perkara mudah, apalagi untuk bisnis. Karena kita harus membuat nama yang bagus dan membekas di benak calon pembeli kita. Berikut beberapa tips memilih nama online shop yang mungkin bisa kamu aplikasikan:

4 Tips Memilih Nama Online Shop Unik dan Menarik

  1. Tentukan Nama yang Sesuai Dengan Bisnismu

Pastinya nama yang kita pilih harus sesuai dengan bisnis yang kita jalankan. Ambil contoh kita menjual buku, namun nama toko online kita adalah “Toko Barang Bagus”. Tidak salah memang, namun nama yang dipakai kurang spesifik sehingga mungkin tidak muncul di mesin pencarian karena kurang relevan dengan produk yang kita jual. Lain ceritanya bila kita menggunakan nama “Toko Buku Bagus”, calon pembeli akan langsung mengetahui bahwa kita menjual buku dan nama yang digunakan relevan sehingga akan mendorong kemunculan nama online shop kita di mesin pencarian.

  1. Cari Nama yang Unik dan Berbeda

Selain nama yang sesuai dengan bisnis kita, kita harus memilih nama online shop yang unik dan berbeda dari orang lain. Alasannya simple, karena kita gak mau kan, bisnis kita tertukar dengan bisnis lain karena namanya sama? Misalnya nama online shop kita adalah “Amara Toys” dan nama kompetitor kita adalah “Amari Toys”, tentu akan membuat calon pembeli bingung, apalagi kalau kita bergerak di bidang yang sama.

  1. Buat Nama yang Mudah Diucap dan Diingat

Meskipun nama yang kita pilih unik, berbeda bahkan belum dimiliki oleh bisnis lain, ada baiknya kita memilih nama yang mudah diucap dan diingat oleh orang. Hindari kata-kata yang sulit untuk ditulis bahkan diucap seperti kata dari bahasa asing yang kurang familiar di telinga orang. Hal ini untuk menghindari calon pembeli menemui kesulitan ketika mencari nama online shop kita di mesin pencarian. Dengan nama yang mudah diucap, diketik dan diingat, calon pembeli akan lebih mudah menemukan bisnis kita.

  1. Pakai Nama Yang Sama di Semua Platform

Setelah menentukan nama yang sesuai dengan bisnis kita, penting bagi kita untuk menggunakan nama tersebut di semua platform jualan kita. Baik itu website, sosial media maupun marketplace. Hal ini untuk membentuk branding di benak calon pembeli untuk nama online shop kita. Sehingga ketika mereka mencari bisnis kita dimanapun, mereka akan menemukan toko yang sama.

Baca Juga: 4 Tips Agar Toko Online Makin dipercaya

Itu dia beberapa tips menentukan nama online shop yang akan membantu bisnis kita dikenal dan berkembang di kemudian hari. Jadi, apakah kamu sudah menemukan nama yang cocok, Sahabat Ideku?

Share via
Copy link