Home » Bisnis Insight » Tips Belanja Online Biar Ngga Kena Tipu

Tips Belanja Online Biar Ngga Kena Tipu

Belanja Online
Belanja online udah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat di era saat ini. Kemudahan yang bisa kita dapatkan dari berbelanja secara online membuat kita beralih dari belanja secara langsung. Mulai dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan tersier sekarang bisa kita akses dan datangkan ke rumah cuma dengan bantuan jari dan koneksi internet. Metode pembayaran dan pengiriman juga bisa kita atur sesuai dengan keinginan kita.

Sisi positif berupa kemudahan emang kita dapet dari belanja online tapi tetap ada sih sisi negatifnya. Kalau belanja secara secara langsung, kita bisa merasakan dan memilih secara langsung barang ingin kita beli. Sehingga, kita bisa benar-benar tahu kualitas dari barang tersebut.

Sedangkan ketika belanja secara online, barang yang ingin kita beli cuma bisa dilihat dari foto. Nggak bisa kita pegang dan nilai secara langsung. Jadi, resiko kena tipu dan barang zonk bisa aja terjadi ketika kita belanja secara online.

Tapi tenang aja, Sahabat Ideku. Kamu bisa tetap melanjutkan checkout barang di keranjang online-mu dengan langkah-langkah di bawah ini. Yuk simak, beberapa tips belanja online biar nggak kena tipu:

  1. Pastikan Reputasi Penjual Baik

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli barang incaran, kamu perlu melaukan riset dulu terhadap toko yang kamu pilih. Kualitas toko penting banget kamu ketahui supaya kamu bisa mengantisipasi hal-hal yang nggak kamu inginkan.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah pastikan status toko yang kamu pilih masih aktif. Lihat juga dari ulasan pembeli, lebih banyak ulasan positif atau negatifnya. Sehingga, kamu bisa tahu kualitas dari toko tersebut.

  1. Lihat Review Produk

Biasanya penjual mencantumkan testimoni dan review dari pembeli sebelumnya. Kalau kamu belanja online di marketplace, kamu bisa lihat review produk dalam bentuk foto maupun video. Sehingga, kamu bisa membayangkan barang tersebut secara lebih real.

  1. Bandingkan Harga

Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan toko online. Kalau harganya berbanding jauh dengan harga pasaran, kamu perlu hati-hati. Karena bisa jadi barang tersebut bukan barang asli atau mungkin ciri-ciri penipuan.

  1. Pahami Deskripsi Produk

Sebelum belanja online, pastiin judul produk dan deskripsi yang ditulis penjual sudah sesuai. Mulai dari varian, spesifikasi, sampai kelengkapannya. Kalau belanja selain di marketplace, kamu bisa menanyakan garansi apabila barang rusak atau hilang.

  1. Tidak Transfer secara Utuh

Kalau kamu belanja bukan di marketplace, hindari transfer sampai lunas sebelum barang sampai di tangan kamu, ya. Hal ini untuk menghindari penipuan yang bisa saja terjadi. Jangan lupa juga untuk menyimpan bukti pembayaran yang sudah kamu transfer. Berbeda kalau kamu belanja di marketplace. Karena akan ada pihak ketiga yang akan menyimpan uang kamu sebelum barang sampai di tangan kamu dan diteruskan kepada penjual.

  1. Cek Resi Pesananmu

Pastikan penjual sudah benar-benar mengirim barang pesananmu dengan meminta resi pengiriman. Kamu juga perlu memastikan barang pesananmu sudah dikirim sesuai dengan data dan alamat tujuan kamu.

Kamu tetap bisa menikmati kemudahan belanja online tanpa was-was kena tipu, loh. Apapun metode belanjanya, tetap hati-hati untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan ya, Sahabat Ideku. Itu dia tips belanja online biar nggak kena tipu. Selamat belanja!

Share via
Copy link