Home » Bisnis Insight » Tips Balas Chat Customer

Tips Balas Chat Customer

balas chat customer

Salah satu “keunikan” dari belanja online adalah kamu nggak bisa secara langsung ngobrol sama customer. Jadi, fitur chat saat lagi transaksi online tuh berguna banget. Customer juga bisa nanya-nanya dulu perihal produk, stok, kegunaan, variasi, dan lain-lain. Tugas kamu adalah menjawab pertanyaan mereka dengan baik, supaya mereka nggak kabur dan senang belanja di toko kamu.

Baca Juga: 5 Bekal Pebisnis Online Yang Sukses

Kegiatan chat ini nggak selalu berjalan mulus sih. Sebagai penjual, kamu perlu beberapa tips balas chat customer supaya customer nyaman, langsung checkout, dan kamu juga jadi senang. Simak tipsnya sampai habis, ya.

5 Tips Balas Chat Customer

1.  Jadilah admin yang ramah

Setelah menyelam di dunia bisnis online, kamu pasti bakal nemuin customer dengan karakter yang bermacam-macam. Ada yang banyak nanya, slow response, ramah, meskipun ada juga sih yang suka nge-ghosting. Nah, biar customer tetap nyaman belanja di tokomu, kamu perlu balas chat mereka dengan ramah. Jadi mbak atau mas admin yang ramah deh pokoknya.

2. Kasih saran saat customer bertanya

Beberapa customer kadang masih ragu, bingung, atau nggak tahu barang apa yang benar-benar akan mereka beli. Kalau lagi di situasi seperti ini, nggak ada salahnya kok kalo kamu ngasih saran. Tanya barang seperti apa yang mereka inginkan, lalu sesuaikan dengan produk yang kamu punya. Hal ini juga berguna kalau kamu lagi kehabisan stok dan mau alihin customer ke produk yang lainnya.

3. Gunakan emoticon

Hal kecil yang nggak boleh kamu lupain adalah emoticon. Si emoticon ini ternyata berdampak loh sama mood dan perasaan customer yang lagi chat sama kamu. Coba sisipkan emoticon “senyum” saat balas chat biar kamu terkesan ramah dan customer merasa nyaman saat bertanya kepada kamu.

4. Hindari memaksa ataupun baper

Mau beli ataupun nggak, itu termasuk keputusan customer. Sebagai penjual, kamu nggak perlu memaksa doi untuk checkout produk jualanmu. Kamu juga nggak perlu baper kalau doi ngebandingin toko kamu dengan toko lain. Percaya aja, rezeki udah ada yang ngatur, kan?

5. Respons Cepat

Tau kan kalo kesempatan nggak dateng dua kali? Nah, jangan sia-siain kesempatan saat customer udah nge-chat kamu. Segera balas chat-nya dan tawarin produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, ya. Karena respons yang cepat juga termasuk penilaian performa toko kamu.

Baca Juga : 4 Hal Agar Toko Online Makin Dipercaya

Sebagai pebisnis, komunikasi yang baik sama customer perlu dibangun dan dipertahanin ya, Sahabat Ideku Omnichannel. Beberapa tips balas chat customer di atas bisa kamu praktekin saat menghadapi calon pembeli. Semoga bermanfaat, ya!

Share via
Copy link