Home » Bisnis Insight » Perbedaan Multichannel Vs Omnichannel

Perbedaan Multichannel Vs Omnichannel

Perbedaan Omnichannel vs multichannel

Sahabat Ideku, sebagai pelaku bisnis, kita harus selalu aware dan update dengan teknologi, berita dan perkembangan masa kini. Sebelum membahas lebih lanjut, apakah kamu familiar dengan istilah Multichannel vs Omnichannel? Karena saat ini banyak perusahaan yang mengembangkan bisnis dengan kedua sistem tersebut. Tahukah kamu apa saja perbedaannya? Karena meskipun terdengar mirip, keduanya merupakan hal yang berbeda, loh.

Banyak pelaku e-commerce yang merasa mereka telah melakukan bisnis dengan sistem Omnichannel, padahal pada kenyataannya mereka menggunakan sistem Multichannel. Oleh sebab itu, sebelum kita bahas perbedaannya, mari kita kita telusuri arti, pengertian dan manfaat dari masing-masing sistem.

Omnichannel

Berasal dari kata ‘omni’ yang artinya satu kesatuan dan ‘channel’ yang berarti saluran, omnichannel berarti beberapa channel yang bergabung dan terintegrasi di dalam satu sistem. Semua channel yang berbeda bekerja secara bersamaan sehingga memudahkan pengaturan, akses transaksi dan juga informasi.

Omnichannel penting dalam mengatur suatu bisnis agar lebih efektif dan efisien. Kita dapat mengelola bisnis dari berbagai channel di dalam satu sistem secara bersamaan dan semua ter-update secara real-time. Selain itu, dengan adanya sistem Omnichannel, customer akan merasa lebih aman dan percaya.

Multichannel

Multichannel sendiri merupakan sistem dimana pelaku bisnis menggunakan beberapa saluran untuk melakukan aktivitas bisnis mereka, contohnya mereka memasarkan produk melalui website, email, whatsapp, iklan di majalah dan sebagainya. Pada sistem ini, setiap saluran diatur dan digunakan secara terpisah dan tidak terintegrasi secara khusus.

Dengan sistem Multichannel, kamu bisa menjual berbagai macam produk dan menawarkan lebih banyak pilihan saluran bagi pelanggan. Pelanggan dapat memlih berbelanja melalui platform mana yang nyaman bagi mereka. Selain itu, multichannel dapat membantu toko online kamu mendapatkan visibilitas lebih tinggi dan jangkauan lebih luas.

Perbedaan Multichannel vs Omnichannel

Dari penjelasan di atas, baik Multichannel maupun Omnichannel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Para pelaku bisnis dapat mempelajari terlebih dahulu kedua sistem dan memilih mana yang lebih cocok dalam mengatur bisnisnya. Jadi, sekarang kalian sudah paham kan perbedaan dari Multichannel vs Omnichannel?

Bagi kalian yang ingin mencoba Omnichannel, Ideku memiliki fitur IdeOmni yang akan membantu kalian merasakan kemudahan dan kelebihan dari sistem Omnichannel itu sendiri. Kalian bisa mengintegrasikan toko online kalian dengan Marketplace yang ada sehingga semuanya menjadi lebih mudah dan juga hemat waktu. Tertarik untuk mencobanya, Sahabat Ideku?

Kunjungi Ideku Omnichannel dan selamat mencoba!

Share via
Copy link