Home » Bisnis Insight » Jurus Jitu Kelola Keuangan

Jurus Jitu Kelola Keuangan

Kelola Laporan Keuangan

Bijak dalam kelola keuangan akan membantu kita memiliki keuangan yang sehat, Sahabat Ideku.

Perencanaan keuangan yang diterapkan secara disiplin dan konsisten akan membantu kita dalam mencapai kemandirian dan kemapanan secara finansial.

Dalam hidup, tentu banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Maka dari itu, kita dapat membagi penghasilan kita menjadi beberapa pengeluaran penting; seperti biaya hidup, tabungan, zakat, investasi dan dana darurat. Ideku telah merangkum jurus jitu kelola keuangan agar tetap bisa bertahan dalam situasi apapun. Simak pembahasannya di bawah ini:

  1. Dahulukan Pengeluaran Utama

Yang utama dan terutama, begitu mendapatkan penghasilan, selalu dahulukan pengeluaran yang paling penting terlebih dahulu. Termasuk di dalamnya adalah biaya hidup seperti biaya makan, pendidikan dan kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk lebih detailnya dapat dikatakan seperti uang belanja, pembayaran sekolah anak, listrik, air, gas dan sejenisnya.

  1. Sisihkan untuk Cicilan

Setelah pengeluaran utama, selalu sisihkan penghasilan kita untuk cicilan, karena ini adalah yang kedua dari yang utama. Cicilan rumah, cicilan mobil atau motor, cicilan handphone merupakan bagian dari ini. Kita tidak mau apabila ke depannya dikejar-kejar debt collector atau barang kita diambil paksa karena tidak bisa bayar, kan?

  1. Menabung atau Investasi

Jangan habiskan semua penghasilanmu hanya untuk pengeluaran. Selalu sisipkan untuk tabungan dan/atau investasi. Hal ini sangat penting mengingat situasi tidak terduga seperti sakit, kecelakaan atau situasi tidak menyenangkan lainnya yang tidak bisa dihindari. Adanya dana darurat akan menjadi penyelamat kita di situasi tersebut. Menabung atau investasi merupakan salah satu jurus jitu kelola keuangan.

  1. Catat Daftar Pengeluaran

Agar pengeluaran tetap terjaga dan dalam track yang tepat, catat selalu pengeluaranmu. Karena dengan begini kamu bisa mengatur apabila pengeluaran sudah melebihi batas yang seharusnya. Kamu juga bisa mengetahui pengeluaranmu dialokasikan untuk apa saja sehingga kamu bisa melihat mana yang perlu, tidak perlu dan mana yang bisa dikurangi atau dikesampingkan terlebih dahulu.

Baca : Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu

Dengan jurus jitu kelola keuangan yang sudah Ideku sebutkan, mudah-mudahan kita bisa mengatur keuangan kita lebih baik lagi. Hal ini dilakukan agar selain ada dana untuk pengeluaran utama, kita juga tetap bisa healing. Karena bagaimanapun, hidup itu harus seimbang; bekerja dan menikmati hidup.

Menikmati hidup tidak harus dengan sesuatu yang mahal seperti liburan ke luar negeri, membeli barang branded atau makan di restoran ternama. Sekedar jalan-jalan ke taman, menikmati street food atau nonton di bioskop bisa menjadi pilihan.

Penting bagi kita untuk memberikan self reward kepada diri kita yang sudah berjuang dalam mengelola keuangan dan kehidupan agar tetap berjalan seimbang. Bukan begitu, Sahabat Ideku?

Share via
Copy link