Home » Bisnis Insight » Kenali Deretan Bisnis Social Commerce di Indonesia

Kenali Deretan Bisnis Social Commerce di Indonesia

 

Bisnis Social Commerce di Indonesia

Opsi bisnis social commerce di Indonesia kian menjamur seiring berkembangnya media belanja online. Tidak hanya berfungsi sebagai sarana berinteraksi, media sosial kini dapat juga berfungsi sebagai sarana berbisnis online. Ekosistem ini tentu berdampak baik bagi kemajuan UMKM di Indonesia.

Berikut ini beberapa deretan bisnis social commerce di Indonesia yang berhasil memperluas fungsi media sosial:

  1. TikTok Shop

TikTok merupakan aplikasi media sosial yang menyediakan berbagai konten video menarik berdurasi singkat. Seiring berkembangnya ekosistem belanja online, TikTok meluncurkan fitur menarik bernama TikTok Shop. Fitur hasil luncuran TikTok ini mampu menghasilkan pemasukan juga bagi para pelaku bisnis online di dalamnya. Selain menikmati konten-konten, pengguna TikTok juga bisa melakukan penjualan dan belanja melalui satu platform.

  1. Instagram Shopping

Instagram juga menambah jangkauan bisnisnya dengan membuka fitur Instagram Shopping. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk berbelanja lebih mudah. Kamu cukup membuka toko dan mengunggah produk-produkmu ke etalase akun Instagrammu. Lewat foto dan video yang diunggah ke etalase, customer bisa membelinya melalui platform media sosial ini.

  1. WhatsApp

Tak hanya berguna sebagai media sosial, kamu juga bisa berbelanja melalui WhatsApp. Platform pesan instan ini luncurkan aplikasi khusus untuk para pebisnis online, yaitu WhatsApp Business. Melalui WhatsApp Business, para seller online bisa membuka toko dan memasukkan produk-produknya melalui fitur Katalog. Customer juga bisa langsung memesan melalui fitur chat tanpa harus keluar dari aplikasi ini.

  1. Grupin

Salah satu aplikasi social commerce di Indonesia adalah Grupin. Mereka menawarkan keunggulan berbelanja dengan konsep pembelian secara grup/kolektif. Tujuannya agar harga yang diperoleh konsumen menjadi lebih murah. Barang yang disediakan cukup variatif, mulai dari perlengkapan dapur, sembako, peralatan bayi, hingga barang-barang elektronik.

  1. Dagangan

Platform social commerce di Indonesia yang mengembangkan model hub-and-spoke dalam proses operasionalnya. Model hub-and-spoke ini mampu menjangkau tempat-tempat yang sebelumnya sulit dijangkau karena keterbatasan logistik. Layanan yang diciptakan oleh Dagangan ini tentu berguna bagi para UMKM yang tinggal di desa.

  1. Berkahi

Ciri khas dari bisnis social commerce Indonesia yang satu ini adalah mengedepankan prinsip syariah. Dalam perjalanannya, Berkahi tetap berkonsep pada penjualan produk lokal yang halal. Berkahi terus berupaya menyediakan layanan berupa jaringan bisnis melalui para reseller.

Terdapat banyak pilihan bisnis social commerce yang kini berkembang di Indonesia. Tentunya didukung oleh beragam keunggulan dan fitur menarik yang ditawarkan. Kamu udah coba yang mana?

Share via
Copy link