Dalam dunia bisnis kuliner yang semakin kompetitif, manajemen bahan baku dan stok yang efisien adalah salah satu kunci keberhasilan. Inventory management software adalah solusi untuk membantu bisnis mengelola stok barang dengan lebih akurat dan efisien.
Lalu, seberapa penting inventory control untuk bisnis F&B? Apa saja fitur utama dan kelebihannya? Simak selengkapnya.
5 Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan Inventory Management Software?
Dalam bisnis kuliner, ketersediaan stok jadi salah satu hal yang cukup penting. Berikut adalah 5 alasan mengapa bisnis kuliner membutuhkan inventory management software.
- Sistem inventory dapat meningkatkan akurasi stok dan mengurangi kesalahan manusia dalam pencatatan stok.
- Software inventory dapat mengoptimalkan efisiensi operasional seperti mempercepat proses pencatatan dan pengelolaan barang.
- Dengan menggunakan sistem inventory, maka dapat mencegah kekurangan dan kelebihan stok untuk menjaga keseimbangan antara permintaan dan persediaan.
- Pemilik bisnis kuliner dapat memonitor stok secara real-time, kapan saja dan di mana saja.
- Sistem inventori dapat terhubung dengan sistem lainnya seperti sistem kasir POS, dashboard analytic, hingga pengiriman online dengan Grab Food.
Fitur Utama dalam Sistem Manajemen Inventorii IDEKU
Sebagai perusahaan yang menjadi solusi POS untuk bisnis F&B, sistem manajemen inventori memiliki beberapa fitur utama, seperti:
1. Bahan Baku
Lacak dan kelola semua bahan yang digunakan dalam menu Anda dengan manajemen inventori IDEKU seperti
- Daftar Bahan untuk melihat, melacak jumlah, dan biaya bahan baku.
- Kategori Bahan untuk memudahkan pengelolaan bahan.
- Resep untuk menautkan daftar bahan yang ada ke resep tertentu sesuai kebutuhan bisnis kuliner Anda.
Baca juga: Panduan Lengkap Contoh Laporan Stok Opname Restoran
2. Invetori
Dengan menggunakan manajemen sistem Invetori IDEKU, Anda dapat mengelola stok dan pembelian secara efisien dengan
- Kartu Stok untuk melacak level stok dan perubahan yang terjadi.
- Kelola Stok yang digunakan untuk memperbaharui jumlah stok.
- Purchase Order dalam mengelola daftar pembelian ke suplier.
- Suplier agar mengetahui detail suplier dan melacak riwayat pesanannya.

Kelebihan Inventory Management Software dari IDEKU
Ini adalah kelebihan menggunakan sistem manajemen inventori IDEKU untuk bisnis kuliner:
- Efisiensi Waktu dan Tenaga
Mengotomatiskan pencatatan stok sehingga lebih cepat dan akurat. - Meminimalkan Kesalahan Manusia
Mengurangi risiko kesalahan dalam penghitungan manual. - Membantu Pengambilan Keputusan
Dengan laporan analitik yang tersedia, bisnis dapat lebih mudah menganalisis tren penjualan dan stok. - Dapat Diakses Kapan Saja
Software berbasis cloud memungkinkan akses dari berbagai perangkat. - Integrasi dengan Platform Lain
Terintegrasi dengan sistem kasir, loyalty, dashboard analytic, hingga sistem lainnya.
Demo sekarang, GRATIS! Untuk tahu beragam keuntungan lainnya bagi bisnis kuliner dari sistem manajemen inventori IDEKU.